TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Nakes Korban KKB di Kiwirok: Saya Tidak Ingin Kembali Bertugas 

Nakes jatuh ke jurang 500 meter dan luka tusuk benda tumpul

Korban Kekejaman KST Di Kiwirok Dirawat Di RS TK II Marthen Indey. (dok. Pendam XVII/Cenderawasih)

Jakarta, IDN Times - Dua dari empat tenaga kesehatan (nakes) korban Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Kristina Sampe Tonapa dan Katrianti Tandila mengungkap traumatik yang dialaminya.

Mereka mengaku sudah lima tahun sebagai tenaga kesehatan honorer yang direkrut Dinas Kesehatan Pegunungan Bintang dan baru kemarin mengalami insiden yang tidak akan dilupakan seumur hidup.

"Saya tidak ingin kembali bertugas ke pedalaman, karena trauma," ungkap kedua nakes secara bergantian, dikutip ANTARA, Selasa (21/9/2021).

Baca Juga: 5 Nakes di Papua Korban Serangan KKB Keluar dari RS, 4 Masih Dirawat

1. Nakes dikejar dengan panah dan senjata tajam

Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM). (dok. TPNPB-OPM)

Kristina mengakui saat insiden pembakaran dan perusakan terjadi mereka berempat melarikan diri dengan melompat ke dalam jurang yang ada di dekat puskesmas.

Massa yang merupakan masyarakat Kiwirok ikut mengejar dengan membawa panah dan senjata tajam hingga sempat melukai mereka, para nakes.

"Kami berempat yakni saya, Katrianti Tandila, Marselinus Ola Atanila dan almarhum Gabriela Meilan lompat ke jurang namun mereka tetap mengejar dan menganiaya," ungkapnya.

2. Kristina jatuh ke jurang sedalam 500 meter

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) bakar fasilitas umum di Kiwirok, Pegunungan Bintang, Papua, Senin (13/9/2021). (dok. Satgas Nemangkawi)

Kristina mengaku dirinya terjatuh paling dalam, yakni sekitar 500 meter bertahan dengan minum air hujan selama tiga hari sebelum dievakuasi anggota TNI-Polri.

Atas kejadian ini, Kristina Sampe yang mengalami luka tusuk benda tumpul di paha ini mengaku tidak ingin kembali bertugas ke pedalaman.

Baca Juga: Menkes: Nakes Sengaja Dikirim ke Pelosok Indonesia untuk Berperang

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya