TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Polri: Teroris Asal Babel Agus Setianto Pasok Senjata ke MIT Poso

Agus Setianto kirim amunisi hingga senjata api

Terduga Teroris Agus Setianto yang ditangkap di Bangka Belitung. (dok. Humas Polri)

Jakarta, IDN Times - Kabagpenum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Ahmad Ramadhan, mengatakan tersangka dugaan tindak pidana terorisme Bangka Belitung Agus Setianto (AS) merupakan pemasok senjata untuk DPO kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso.

“AS menjelaskan bahwa senjata dan amunisi yang dikirimkan ke tersangka S dan D di Jakarta, rencananya akan dikirimkan ke DPO teroris Poso di Sulawesi Tengah,” kata Ramadhan dalam jumpa persnya, Senin (12/7/2021).

Baca Juga: Densus 88 Tangkap Teroris Agus yang Kabur dari Polda Babel

1. Agus dibantu S untuk beli amunisi dan senjata api

Terduga Teroris Agus Setianto yang ditangkap di Bangka Belitung. (dok. Humas Polri)

Ramadhan menjelaskan Agus memiliki hubungan dengan kelompok teroris Jakarta berinisial S. Agus dibantu S untuk memesan amunisi, senjata api revlover dan laras panjang. 

“AS dan S terhubung dengan menggunakan komunikasi, beberapa komunikasi media sosial. Dalam rangka pengiriman senjata api ke Jakarta, S menggunakan alamat dan identitas saudara BS,” kata Ramadhan. 

2. Paket senjata dikirim terlebih dulu ke Jakarta untuk mengelabui petugas

Densus 88 menggeledah kediaman Agus Setianto di Bangka Belitung dan mendapatkan senjata api beserta ratusan peluru berbagai ukuran. (dok. Humas Polda Babel)

Paket yang dikirimkan Agus dari Bangka Belitung berupa tiga senapan panjang, tiga revolver, dua magize untuk pengisian peluru, kemudian amunisi sebanyak 200 butir. Semua senjata tersebut telah disita oleh Densus 88 Antiteror. 

Agus meminta tersangka DS dan SY agar pengiriman senjata, amunisi dan peralatan ke Poso, Sulawesi Tengah, agar dikirim terlebih dahulu ke Jakarta. Selanjutnya, dari Jakarta dicek dulu untuk dikirim lagi sesuai tujuan, yakni MIT Poso.

“Yang mana proses tersebut untuk memutus rantai sumber paket sebelumnya, agar lebih rapi,” ujar Ramadhan.

Baca Juga: Terduga Teroris AS Kabur dari Polda Babel, Borgolnya Tertinggal  

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya