TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kemenpar Tampil Memukau pada Forum Bisnis Indonesia-Rusia KBRI Moskow

Targetkan jumlah wisatawan Rusia ke Indonesia 160.000 orang

IDN Times/Kemenpar

Moskow, IDN Times - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) berhasil unjuk gigi di kegiatan Forum Bisnis Indonesia-Rusia yang digelar Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Moskow, Kamis (1/8). Kegiatan yang berlangsung di Ritz Carlton Hotel Moskow ini mengangkat tema ‘Menuju Kemitraan Strategis Indonesia-Rusia: Menjembatani Kolaborasi yang Bermanfaat Melalui Pariwisata, Perdagangan, dan Investasi’.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kemenpar, Nia Niscaya sukses memukau ratusan pengunjung yang hadir dengan paparan dan sambutannya. Kata Nia, Kemenpar di bawah komando Arief Yahya sudah terus menjawab tantangan yang diberikan. Sejumlah target pun ditetapkan. Dan salah satunya pasar Rusia yang terus meningkat dengan baik. Dari tahun ke tahun, jumlah kunjungan wisatawan Rusia ke Indonesia menunjukkan grafik kenaikan yang positif. Pada tahun 2017 jumlah kunjungan wisman Rusia mencapai 110.529, dan pada tahun 2018 mencapai 125.697.

“Upaya promosi akan terus kita lakukan secara berkelanjutan. Terlebih, kita punya target kunjungan wisatawan Rusia ke Indonesia sebesar 160.000, sepanjang tahun 2019. Dengan acara ini semoga terus bisa meningkatkan kunjungan wisatawan ke tanah air kita," kata Nia Niscaya.

1. Konsep promosi yang dilakukan Kemenpar mengalami kemajuan pesat

IDN Times/Kemenpar

Kemenpar membagi strateginya dalam tiga batasan besar yakni Ordinary, Extra Ordinary dan Super Extra Ordinary. Program Ordinary telah dijalankan dibeberapa tahun sebelumnya, yakni Branding, Advertising dan Selling. Sementara, program Extra Ordinary dan Super Extra Ordinary sedang dijalankan, yakni Incentive (Airlines); Hot Deals; Competing Destination Model dan Border Tourism dan Low Cost Terminal.
Salah satu potensi wisata yang terus digarap oleh Kementerian Pariwisata adalah crossborder. Hal ini dikarenakan jenis wisata ini memiliki banyak peminat dari berbagai kalangan. Selain itu, wisata perbatasan menjadi jawaban ketika wisatawan menemui kesulitan dalam melakukan kegiatan wisata yang berada di dalam wilayah Indonesia.

"Kemenpar terus menggarap potensi perbatasan atau crossborder. Implementasinya yakni melalui program Joint Promotion. Misalnya dengan penyedia transportasi (ferry dan bus), event crossborder, hot deals, destinasi digital, dan mobile positioning data (MPD). Seperti dengan Malaysia, Singapura, maupun Thailand," ujar Nia.

2. Investor maupun pengusaha diajak berinvestasi dan berkunjung ke destinasi unggulan Indonesia

IDN Times/Kemenpar

"Silakan datang ke Indonesia, dan nikmati juga persembahan kami di Festival Wonderful Indonesia (FWI) pada tanggal 2-4 Agustus 2019 di Krasnaya Presnya Park. Bentuk partisipasi Kementerian Pariwisata berupa penyediaan Paviliun Indonesia seluas 10 x 10 meter di depan main stage. Kemudian Hospitality Corner, berupa coffee/ mixologist corner yang akan menyajikan dan meracik kopi khas dari berbagai daerah di Indonesia. Silakan hadir," kata Nia.

Selain itu akan juga ada pendistribusian bahan promosi Wonderful Indonesia kepada pengunjung melalui kuis dan information counter, serta photo booth/Instagrammable-Area. Kemenpar juga menghadirkan Tim Wonderful Indonesia yang terdiri dari barista, The Wonderful Indonesia Band, dan penari/carnival dari Banyuwangi. 

3. Acara ini memfasilitasi kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Rusia

IDN Times/Kemenpar

Dubes Indonesia untuk Rusia, Mohammad Wahid Supriyadi mengucapkan terima kasih  kepada Kemenpar yang telah mendukung dan hadir di acara Forum Bisnis Indonesia-Rusia yang diprakarsai KBRI tersebut.

Selain menjadi pemantik pariwisata Indonesia, acara ini juga tujuannya untuk memfasilitasi komunikasi bisnis, jaringan, dan kesepakatan serta kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Rusia untuk sektor swasta dan pemerintah, termasuk yang dari Jakarta dan daerah-daerah seperti Yogyakarta, Jawa Tengah, Aceh, Jawa Barat , Pulau Riau dan Sumatera Barat.

4. Dalam forum tersebut, membahas empat sesi sekaligus

IDN Times/Kemenpar

Empat sesi pembahasan akan mencakup infrastruktur dan energi, perdagangan bilateral, kolaborasi pariwisata, dan industri minyak sawit.

"Fitur yang paling substansial dari forum adalah sesi perjanjian penandatanganan di mana beberapa pihak telah berkomunikasi dan ditangani sebelumnya. Para pembicara forum akan berkisar dari pejabat pemerintah tingkat tinggi hingga asosiasi bisnis top dan tokoh perusahaan swasta. Kepala Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, H.E. Bapak Triawan Munaf, Wakil Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Ibu Nia Niscaya, Wakil Menteri Perindustrian dan Perdagangan, Bapak Alexey V. Gruzdev, Presiden Pengusaha dan Pengusaha Rusia, Bapak Alexander Nikolaevich Shokhin dan Komisaris Federasi Rusia untuk Hak Pengusaha, Boris Titov adalah salah satu pembicara terkemuka," beber Dubes.

Diorganisir oleh Kedutaan Besar Indonesia di Moskow dengan dukungan dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, forum yang menargetkan 450 pengusaha dari kedua belah pihak, diadakan dalam semangat ikatan persahabatan tradisional dan kerja sama dan untuk menyambut 70 tahun hubungan bilateral antara Republik Indonesia dan Federasi Rusia pada tahun 2020.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya