Siberkreasi dan Kominfo Buka Kelas Podcast Bertema Gaming
Jadi bagian dari program sepanjang tahun
Follow IDN Times untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News
Jakarta, IDN Times - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi, dan Spotify menghadirkan Kelas Podcast Gaming yang dimulai dari 9 hingga 24 April 2022.
Rizki Ameliah, selaku Koordinator Literasi Digital Kementerian Kominfo mengatakan, seri podcast gaming tersebut bertujuan untuk memperkenalkan podcast sebagai sarana yang
informatif dan mendidik untuk para gamers, kreator, dan juga developers di Indonesia.
Sejalan dengan kampanye #MakinCakapDigital, Kemenkominfo juga mengajak masyarakat untuk kreatif menciptakan lebih banyak konten gaming dalam bentuk podcast yang positif dan menghibur.
“Kami melihat industri gaming di Indonesia saat ini sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Di sisi lain, pendengar podcast juga mengalami pertumbuhan yang signifikan sejak 2017. Menggabungkan kedua unsur tersebut, diharapkan akan membuka berbagai kesempatan baru untuk komunitas gaming di Indonesia,” ujar Rizki.
Baca Juga: Kolaborasi Kominfo dan KIC: Indeks Literasi Digital Indonesia Naik
1. Orang Indonesia habiskan waktu rata-rata 8.54 jam per minggu untuk bermain game
Menurut laporan yang di publikasikan oleh Limelight Networks pada 2021, 69.2 persen warga Indonesia yang disurvei lebih memilih untuk bermain game daripada menonton televisi ataupun film.
Selain itu, juga terdapat 78.8 persen warga Indonesia yang secara sukarela mengalokasikan waktu luang untuk menonton konten-konten gaming di platform online seperti Twitch dan YouTube.
Laporan tersebut juga memperlihatkan frekuensi gaming di mana orang Indonesia menghabiskan rata-rata 8.54 jam per minggu bermain game, menempatkan Indonesia di posisi ke-4 (dari 7 negara yang di survei) setelah Cina, Jerman, dan India.
Baca Juga: Jelajah Lanskap Digital Melalui Literasi Digital Netizen Fair