TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

12 Pekerja Migran Perempuan di Hong Kong Diusulkan Dapat Beasiswa

UT sudah wisudakan 86 migran

Atase Pendidikan KBRI Beijing Yaya Sutarya (tiga kanan) foto bersama para TKI di Hong Kong yang baru diwisuda di atas kapal pesiar Star Pisces, Minggu (22/9). (ANTARA/HO-KBRI Beijing)

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 12 pekerja migran Indonesia (PMI) di Hong Kong yang tengah menempuh pendidikan strata 1 di Universitas Terbuka (UT), diusulkan mendapat beasiswa unggulan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

"Nama-nama itu sudah kami usulkan ke pusat," kata Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar RI di Beijing, Yaya Sutarya, seperti dilansir kantor berita Antara, Minggu (5/1).

Baca Juga: Menaker Minta Pekerja Migran RI Jadi Duta Bela Negara dan Pariwisata

1. Beasiswa bagi pekerja migran senilai Rp9 juta

ilustrasi (instagram.com/vanilamacha)

Usulan jumlah beasiswa yang diusulkan senilai DHK 5.000 atau berkisar Rp9 juta per tahun. Jumlah ini dapat dipergunakan untuk membayar biaya selama dua semester di yang per semesternya di UT Rp2,5 juta.

Beasiswa tersebut akan memberikan motivasi pada 190 ribu PMI lainnya di Hong Kong dan Makau, supaya mereka dapat memanfaatkan layanan pendidikan.

2. Pekerja migran perempuan tempuh S-1 berbagai jurusan

Ilustrasi (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Seluruh PMI tersebut adalah migran perempuan yang sedang menempuh pendidikan S-1 jurusan Sastra Inggris, akuntansi, komunikasi, manajemen, dan hukum, dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) antara 3,00 hingga 4,00.

"Kami sangat berharap Kemendikbud dapat memberikan beasiswa unggulan ini untuk mendorong para pekerja migran kita, dapat mengisi hari libur kerja dengan kegiatan yang positif," kata Yaya.

Baca Juga: Yuli Riswati, Berjuang Penuhi Kebutuhan Literasi Buruh Migran

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya