TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Deretan Proyek Besar Anies di Tengah Pandemik COVID-19

Ada ajang balap Formula E hingga revitalisasi TIM

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memaparkan kondisi terkini IGD di DKI Jakarta. (youtube.com/PEMPROV DKI JAKARTA)

Jakarta, IDN Times - Di tengah pandemik COVID-19, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masih terus melaksanakan sejumlah proyek di Ibu Kota.

Beberapa di antaranya masuk dalam daftar isu prioritas daerah 2021-2022 yang dirangkum Anies dalam Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 49 Tahun 2021.

Berikut sejumlah proyek yang masih dilaksanakan Anies di masa pandemik COVID-19.

Baca Juga: Jakpro Tunggu Anies Baswedan Soal Nasib Formula E Jakarta

1. Jakarta International Stadium

Proses pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) (Dok. Humas Jakpro)

Jakarta International Stadium atau JIS jadi salah satu proyek Pemprov DKI Jakarta yang pengerjaannya tengah dikebut. Dalam Ingub Nomor 49 Tahun 2021, Anies menargetkan agar stadion ini bisa diresmikan pada Desember 2021. 

Infrastruktur pendukungnya juga dicanangkan bakal menyusul, mulai dari penambahan stasiun KAI baru di sisi barat dan timur JIS hingga akses ramp tol ke area JIS.

Dalam proyek ini, Anies menggunakan dana pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) senilai Rp1,18 triliun.

2. Ajang balap Formula E

Jakarta tidak masuk dalam jadwal Formula E 2022 (Instagram/@aniesbaswedan)

Selanjutnya adalah proyek pagelaran balap Formula E yang hingga saat ini ditunda karena pandemik COVID-19. Anies dalam Ingub ini juga menargetkan bahwa Formula E bisa dilaksanakan pada Juni 2022.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut, ajang ini rencananya diselenggarakan pada Juni 2022 karena bertepatan dengan HUT DKI Jakarta. Namun di samping itu, agenda ini tetap dilaksanakan karena sudah lama tertunda. 

Buku Laporan Hasil Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta Tahun 2019, yang dirilis Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mencatatkan, sudah ada Rp983 miliar uang yang dibayarkan dan sebanyak Rp560 miliar digunakan untuk membayar commitment fee.

Rencananya, Formula E bakal digelar pada 6 Juni 2020 namun batal karena COVID-19. Rute balapan ini akan melintasi area Monas hingga Jalan Medan Merdeka Selatan.

Baca Juga: Formula E Dinilai Sudah Tak Layak Diselenggarakan, DPRD: Terlalu Maksa

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya