TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Komnas HAM: Dulu Pejabat Tidak Ada yang Menolak Ketika Dipanggil

Komnas HAM gelar pameran foto untuk refleksikan tradisi itu

Pameran foto Komnas HAM (IDN Times/Lia Hutasotit)

Jakarta, IDN Times - Komisioner Komnas HAM Mohammad Choirul Anam menjelaskan konsep pemilihan pameran foto sebagai salah satu rangkaian peringatan hari HAM 2019.

Menurutnya pemilihan pameran foto adalah bentuk pengingat tradisi keterlibatan para pejabat tinggi yang mau hadir di Komnas HAM untuk memberikan keterangan soal pelanggaran HAM kala itu.

Baca Juga: Rizieq Shihab Dicekal di Arab Saudi, FPI Tuding Pemerintah Langgar HAM

1. Kini pejabat yang tidak mau lagi sambangi Komnas HAM

Pameran foto Komnas HAM (IDN Times/Lia Hutasoit)

Anam menjelaskan bahwa kini tradisi itu tidak ada lagi, maka dari itulah yang ingin direfleksikan oleh Komnas HAM melalui foto-foto.

"Kalau dulu orang dipanggil sama Komnas HAM, Jenderal siapapun datang," kata Anam dalam acara Pembukaan Peringatan Hari HAM 2019 di Kantor Komnas HAM, Senin (9/12).

2. Sebagai pengingat bahwa Komnas HAM adalah rumah harapan

IDN Times/Lia Hutasoit

Foto yang dipajang adalah foto-foto Komnas HAM selama 25 tahun belakang. Menurut Anam, foto yang ditampilkan adalah dinamika yang dihadapi Komnas HAM.

Dari foto-foto yang dipajang, Anam juga mengharapkan masyarakat dapat merefleksikan bahwa Komnas HAM adalah rumah harapan.

"Semua orang bisa masuk ke sini (Komnas HAM) mau dia dari background agama, dari orientasi seksual mau dia dari apapun, ketika Hak Asasi Manusia terlanggar dia ke sini," katanya.

3. Ragam foto yang ditampilkan dari berbagai kalangan

Pameran foto Komnas HAM peringatan Hari HAM 2019 (IDN Times/Lia Hutasoit)

Foto-foto yang dipajang bukan hanya foto korban yang berasal dari kalangan bawah, namun ada juga foto-foto pejabat tinggi dengan satu alasan, yakni perlakuan yang tidak manusiawi.

"Itu yang mau membalikkan kembali, mau mengingatkan kepada Kita semua bahwa Komnas HAM adalah rumah harapan," ujar Anam.

Baca Juga: Hari Hak Asasi Manusia, Ma'ruf Amin Singgung Pelanggaran HAM Masa Lalu

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya