TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Hardiknas 2020, PGRI: Pandemik Membuktikan Peran Guru Tak Tergantikan

PGRI menuntut pemerintah siapkan blueprint pendidikan

Upacara daring peringatan Hari Pendidikan Nasional 2020 oleh Kemendikbud (Dok.IDN Times/Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Unifah Rosyidi, menyampaikan harapannya agar pemerintah segera dengan serius menyusun cetak biru pendidikan nasional.

Hal ini disampaikan Unifah bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2020 yang jatuh pada Sabtu (2/5).

"Cetak biru yang dilandasi penekanan bahwa pendidikan sebagai upaya mempersiapkan peserta didik sebagai warga global," kata Unifah seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga: IGI: Hardiknas 2020 Jadi Momentum Kebangkitan Guru Millennials!

1. Pandemik COVID-19 tunjukkan guru tidak tergantikan teknologi

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim (Dok. Telekonferensi Kemendikbud)

Menurut Unifah, cetak biru pendidikan nasional harus mencakup soal pendidikan mengenai kultur dan keberagaman. Hal ini diperlukan guna mempersiapkan peserta didik menjadi warga negara yang baik dan produktif.

Dia juga mengingatkan pentingnya memberi fasilitas seluas-luasnya bagi guru untuk terus belajar dan beradaptasi. Harapannya agar meskipun ada perubahan, pendidikan dapat tetap berjalan dengan baik.

"Pandemik COVID-19 yang terjadi saat ini memberikan pelajaran berharga bagi dunia pendidikan Indonesia, bahwa peran guru tetap tidak tergantikan dengan teknologi," kata Unifah. Namun guru yang tidak mau akrab dengan teknologi akan mudah tergantikan," lanjut dia.

2. Akses internet perlu diperluas hingga ke pelosok

pexels.com/ThisIsEngineering

Dunia pendidikan menurut Unifah akan memasuki masa di mana kebiasaan lama yang dilakukan dalam penyelenggaraan pendidikan tak lagi relevan menjadi patokan. Situasi ini disebutnya sebagai New Normal.

"PGRI mengharapkan kepada pemerintah agar lebih fokus menginvestasikan pada sarana dan prasarana agar akses terhadap listrik dan internet semakin meluas dan bisa dijangkau masyarakat hingga ke pelosok," kata Unifah.

Hal ini menurutnya menjadi pelajaran berharga yang dipetik PGRI dari pelaksanaan pembelajaran online yang tengah berlangsung di Tanah Air imbas dari pandemik COVID-19.

Baca Juga: Isi Lengkap Pidato Nadiem Makarim di Peringatan Hardiknas 2020

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya