TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bupati Kediri Berbaur Bersama Warga dan Sambangi Pos Kamling di Siman 

Mas Dhito berpesan tak perlu tempat bagus untuk menginap

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana saat menyapa warga dan menyambangi pos kamling di Desa Siman, Kecamatan Kepung. (Dok. Humas Pemkab Kediri)

Kediri, IDN Times - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Kediri tak menyurutkan niat Bupati Hanindhito Himawan Pramana untuk datang ke Desa Siman, Kecamatan Kepung, Rabu (23/3) sore. Di tempat pertama kali berdirinya bumi Kadiri itu, Mas Dhito begitu sapaan akrabnya menginap di rumah warga.

Niatan Mas Dhito menginap di rumah warga itu disampaikannya jauh hari ketika rapat persiapan Hari Jadi Kabupaten Kediri pada pertengahan Maret 2022. Saat itu, Mas Dhito berpesan saat menginap di Desa Siman tidak perlu dicarikan tempat yang bagus. 

Rumah Suprapto, petani di Dusun Sukabumi, RT 03/04, Desa Siman, yang menjadi tempat orang nomor satu di Kabupaten Kediri itu menginap. Sesampainya di rumah Suprapto, Mas Dhito meminta izin untuk menginap satu malam.

"Kulo nginep wonten mriki angsal nggih, Pak (saya menginap di sini boleh ya, Pak)," kata Mas Dhito.

Baca Juga: Peringati Hari Jadi Kediri, Mas Dhito Ikut Kenduri Bareng Warga Siman

1. Tinggal di perkampungan, berbaur santai bersama warga

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana saat menyapa warga di Desa Siman, Kecamatan Kepung. (Dok. Humas Pemkab Kediri)

Suprapto bersama keluarganya yang menyambut kedatangan Mas Dhito tanpa berbicara panjang lebar langsung memberikan izin. Bahkan, dengan bercanda petani berusia 83 tahun itu menyampaikan bila Mas Dhito menghendaki menginap satu bulan pun dia persilakan.

"Sewulan mawon angsal, kulo saestu remen (sebulan saja boleh, justru saya sangat senang)," jawab Suprapto sambil menepuk-nepuk lengan Mas Dhito.

Selain untuk mengikuti prosesi niti sowan Harinjing di Desa Siman pada Kamis (24/3) pagi, dapat menginap di rumah warga rupanya bagi Mas Dhito seperti mengingatkan dirinya sewaktu masih kuliah. Tinggal di perkampungan, berbaur santai bersama warga.

"Terakhir kali menginap di rumah warga itu tahun 2014, sewaktu KKN (kuliah kerja nyata)," kenang alumni UGM itu.

2. Menginap di rumah warga sambil menyerap aspirasi

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana saat menginap di salah satu rumah warga di Desa Siman, Kecamatan Kepung. (Dok. Humas Pemkab Kediri)

Kesempatan semalam menginap di Desa Siman itu tidak disia-siakan Mas Dhito untuk mengobrol dan menyerap aspirasi warganya. Bahkan, ketika berjalan-jalan santai melihat ada warganya di depan rumah, tak segan Mas Dhito menghampiri untuk menyalami.

Menariknya, di rumah Suprapto itu, saat diminta makan malam oleh pemilik rumah, Mas Dhito memilih nasi jagung, sayur pepaya dengan lauk kerupuk dan ikan asin. Dia pun mengajak serta warga yang ada di sana untuk makan bareng. Meski sederhana, bagi Mas Dhito makan nasi jagung itu sangat spesial.

Baca Juga: Bupati Kediri Luncurkan Program Mobil Siaga Desa

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya