TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Alasan Puan Tunda Pengesahan RUU PPRT: Masih Perlu Pendalaman

RUU PPRT sudah diajukan sejak 2004

Aksi peringatan hari pekerja rumah tangga (PRT) Nasional oleh Koalisi Sipil untuk PPRT Rabu (15/2/2023) (dok. IDN Times/Istimewa)

Jakarta, IDN Times — Ketua DPR Puan Maharani memberikan alasan penundaan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (RUU PPRT).

Puan mengatakan penundaan itu merupakan hasil keputusan rapat pimpinan (rapim) DPR RI pada Agustus 2021 lalu. Dia juga menegaskan penundaan tersebut merupakan kesepakatan bersama.

“Keputusan Rapim saat itu menyetujui untuk melihat situasi dan kondisi terlebih dahulu. Saat itu dirasa belum tepat untuk diagendakan dalam rapat Bamus dan masih memerlukan pendalaman,” kata Puan, Kamis (9/3/2023).

Baca Juga: IWD Medan 2023, Puan Dicari Namboru untuk Sahkan RUU PPRT

1. RUU PPRT belum dibahas di rapat Bamus

Aksi pengesahan RUU PPRT / Dok uupprt_untuk_kita)

Puan menjelaskan RUU PPRT belum bisa dibahwa ke Rapat Paripurna DPR untuk disahkan sebagai RUU inisiatif DPR. Sebabnya, RUU PPRT belum dibahas dalam Rapat Badan Musyawarah (Bamus).

Sebagai informasi, sebelum disahkan dapat Rapat Paripurna, Rancangan Undang-Undang harus dibahas lebih dulu dalam rapat Bamus. Setelah disetujui di Bamus, maka usulan aturan yang berbentuk RUU itu bisa disahkan di Paripurna.

“Sesuai aturan, sebelum dibawa ke Rapat Paripurna harus terlebih dahulu mendapatkan persetujuan dalam Rapat Bamus,” ucap Puan.

2. Puan sebut DPR akan dengarkan aspirasi rakyat

Aksi peringatan hari pekerja rumah tangga (PRT) Nasional oleh Koalisi Sipil untuk PPRT Rabu (15/2/2023) (dok. IDN Times/Istimewa)

Kendati demikian, Puan mengklaim DPR RI akan mempertimbangkan masukan masyarakat.

Dia memastikan, DPR akan mendengarkan usulan dari masyarakat terkait pembentukan RUU PPRT ini agar tepat sasaran.

“DPR RI akan mempertimbangkan aspirasi dari masyarakat dengan memperhatikan situasi dan kondisi yang berkembang saat ini,” ujarnya.

Baca Juga: Minta Puan Segera Sahkan RUU PPRT, Puluhan Panci Digantung Depan DPR

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya