TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cuaca Ekstrem Mengancam, BMKG Soroti Potensi Bencana di Jabar

Provinsi Jabar disorot karena rawan bencana

Ilustrasi pengendara sepeda motor melintasi banjir. ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho

Jakarta, IDN Times - Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi,  Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Guswanto, menyorot potensi terjadinya bencana hidrometeorologi di Jawa Barat, imbas cuaca ekstrem dalam periode sepekan ke depan.

Guswanto mengatakan, kejadian bencana sering muncul akibat cuaca ekstrem seperti hujan intensitas tinggi hingga ekstrem. Menurut pengamatan BMKG, provinsi Jawa Barat menjadi salah satu daerah dengan angka bencana hidrometeorologi tinggi.

1. Kejadian bencana hidrometeorologi sering terjadi di tiga provinsi

ANTARA FOTO/Nurul Ramadhan

Bencana hidrometeorologi seperti tanah longsor dan banjir bandang seringkali terjadi di tiga provinsi yakni Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.

“Khusus untuk Nataru, kami ingin menyampaikan kejadian cuaca ekstrem itu perlu diwaspadai di Jawa Barat karena berpotensi terjadi bencana,” kata Guswanto dalam konferensi pers, Selasa (20/12/2022).

Baca Juga: Ridwan Kamil Temui Heru di Balai Kota, Bahas Banjir Jakarta 

2. Catatan bencana hidrometeorologi di Jabar

Selain siaga bencana banjir BPBD PPU juga siagakan bencana angin puting beliung (IDN Times/Ervan)

Berdasarkan pemantauan BMKG, kejadian bencana di Jabar cukup tinggi didominasi hujan deras dalam setahun terakhir yakni 1.656 kejadian. Kemudian disusul angin kencang 661 kejadian, dan puting beliung 216 kejadian.

Fenomena hujan deras di Jawa Barat menjadi sorotan, karena sejumlah daerah di Jabar diprediksi akan padat mobilitas di momen Nataru.

“Fenomena hujan lebat ini mendominasi, perlu diwaspadai pada saat Nataru nanti ada jalur mudik yang bakal memotong barangkali lereng atau lanskap tidak datar, karena intensitas curah hujan kemudian di lereng biasanya menimbulkan hal tambahan seperti longsor,” ujar Guswanto.

Baca Juga: Jelang Nataru, BMKG Waspadai Cuaca Ekstrem di 15 Provinsi 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya