TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

PPP Beber Modal Cawapres Ganjar di 2024: Sosok Berwajah Islam Moderat

Kritera cawapres Ganjar menurut PPP

Ketum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri ketika menerima kunjungan dari Plt Ketum PPP, Mardiono di kantor DPP PDIP pada Minggu, 30 April 2023. (www.instagram.com/@dpp.ppp)

Jakarta, IDN Times -- Ketua Majelis Pertimbangan DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) M. Romahurmuziy atau Rommy membeberkan modal yang harus dimiliki bakal calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi Ganjar Pranowo. 

Menurut Rommy ada beberapa kriteria yang tepat sebagai pendamping Ganjar Pranowo. PPP juga akan mengajukan beberapa nama yang dinilai tepat sebagai cawapres Ganjar Pranowo

Baca Juga: Respons Sandiaga Diusulkan PPP Jadi Cawapres Ganjar Pranowo

1. Figur yang islami

Plt Ketua Umum PPP, Muhammad Mardiono (tengah) usai pengumuman bacapres PPP, Rabu (26/4/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Rommy menyebut ada beberapa kriteria yang menjadi pertimbangan PPP dalam memilih cawapres Ganjar. Pertama yaitu figur islami untuk memoderasi umat beragama di Indonesia. 

"Wajah Islam moderat sangatlah pokok untuk mengawal moderasi beragama di tengah beragamnya agama dan kepercayaan di Indonesia," kata Rommy dalam keterangan tertulis, Minggu (28/5/2023). 

Dia menyebut figur Islam sangat cocok untuk mendampingi Ganjar Pranowo karena Indonesia diisi mayoritas penduduk beragama Islam. 

"Terlebih, sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia selalu menjadi sasaran laboratorium dakwah seluruh aliran Islam yang ada di dunia baik yang berorientasi politik seperti Hizbut Tahrir yang mengusung khilafah atau Ikhwanul Muslimin yang mendominasi politik Timur Tengah, maupun yang semata-mata berorientasi dakwah seperti Jama'ah Tabligh, Salafi, Wahabi, Syi'ah, Ahmadiyah," jelas Rommy.

"Moderasi beragama berbasis Ketuhanan Yang Maha Esa adalah kunci agar NKRI tetap rekat sebagai bangsa," sambungnya. 

2. Punya modal sosial dan modal politik

Plt Ketua Umum PPP Mardiono mengajak KIB dukung Ganjar Pranowo (IDN Times/Amir Faisol)

Selain berwajah islami, Rommy juga menyebut modal yang harus dimiliki cawapres Ganjar Pranowo yaitu modal sosial berupa rekam jejak, pengalaman, dan jaringan. Menurutnya pemimpin Indonesia harus memiliki pengalaman di pemerintahan tingkat apapun. 

"Presiden dan Wapres akan memimpin 280 juta rakyat Indonesia, sepatutnyalah ia warga negara terpilih yang bersih dan sudah nyata berpengalaman dalam pemerintahan, bukan seorang yang masih belajar dan mencoba-coba," ucapnya. 

Rommy kemudian menyinggng modal politik atau tingkat penerimaan publik maupun partai politik terhadap tokoh yang diusung. Sederhananya, menurut Rommy, cawapres Ganjar harus tokoh yang bisa diterima publik dan partai politik pengusung Ganjar. 

"Saat ini pengusung mas Ganjar baru PDIP dan PPP. Insya allah masih akan bertambah lagi parpol parlemen dan non parlemen yang akan bergabung. Bakal cawapres haruslah pribadi yang bisa diterima seluruh parpol," kata Rommy.

Baca Juga: PKS Ungkap 3 Nama Masuk Radar Cawapres Anies

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya