TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

H-1 Natal, Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk Didominasi Mobil Pribadi

Kebijakan rapid test antigen cukup berdampak

Suasana antrian kendaraan yang akan menyeberang dari Ketapang-Gilimanuk pada H-2 Libur Nataru, terbilang sepi. IDN Times/Istimewa

Banyuwangi, IDN Times - Aktivitas penyeberangan di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi menuju Gilimanuk, Bali menurun dibanding tahun lalu. Pada H-1 Natal, Kamis (24/12/2020), penyeberangan didominasi mobil pribadi.

1. 1.897 unit mobil pribadi menyeberang ke Bali

Penyeberangan di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi. IDN Times/Mohamad Ulil Albab

Data penyeberangan terakhir dari PT ASDP Indonesia Ferry, Pelabuhan Ketapang hingga pukul 08.00 WIB, Kamis pagi, tercatat 1.897 mobil pribadi menyeberang ke Bali. Selanjutnya ada 500 sepeda motor dan 163 bus.

Baca Juga: Mulai 1 Mei Tidak Ada Penjualan Tiket di Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk

2. Mengalami penurunan drastis

Sopir logistik saat menjalani program rapid-test gratis di kawasan Pelabuhan Ketapang Banyuwangi. IDN Times/Istimewa

General Manager ASDP Ketapang, Fahmi Alweni mengakui jumlah orang yang menyeberang dari Ketapang ke Gilimanuk pada libur Nataru kali ini memang menurun drastis. Selain karena masih pandemik, kewajiban rapid antigen untuk masuk ke Bali juga menjadi salah satu pemicu penurunan penumpang.

"Untuk volume kendaraan, dibandingkan tahun lalu ini sangat drastis penurunannya. Apalagi ditambah ada kebijakan wajib rapid test, ini juga sangat berdampak. Kalau dibandingkan tahun lalu turun, tidak ada peningkatan. Kalau dibandingkan hari biasa di tahun 2020, tidak ada peningkatan (signifikan) juga," kata Fahmi kepada IDN Times.

Baca Juga: Seorang ABK di Kapal Penumpang Ketapang-Gilimanuk Positif COVID-19

Verified Writer

Mohamad Ulil Albab

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya