TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Baju Hitam Putih Dinilai Jadi Simbol Jokowi Ada di Belakang Ganjar

Ganjar dinilai ingin bantah klaim Jokowi dukung Prabowo

Ganjar Pranowo (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Jakarta, IDN Times - Bakal calon presiden (bacapres) dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo mengenakan baju garis hitam putih yang disebut didesain Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Pengamat politik Yunarto Wijaya mengatakan, Ganjar ingin menegaskan dirinya didukung Presiden Jokowi sebagai bacapres di Pilpres 2024.

“Saya pikir ini sebuah penegasan dari Mas Ganjar, ‘Pak Jokowi ada di belakang saya'," ujar Yunarto dalam keterangannya, Jumat (21/7/2023).

Baca Juga: Pakai Baju Hitam Putih Desain Jokowi, Ganjar: Saya Bukan Orang Abu-abu

Baca Juga: Cerita Ganjar Pranowo soal Presiden Jokowi Berikan Desain Baju Relawan

1. Jokowi dinilai ikut memikirkan strategi kampanye Ganjar

Ganjar Pranowo (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Yunarto menilai, Jokowi ikut memikirkan strategi kampanye Ganjar. Selain itu, Yunarto juga menganggap saat ini ada gerakan memberi label Ganjar petugas partai. Label tersebut juga selama ini diterapkan kepada Presiden Jokowi.

“Itu yang menjadi tantangan Mas Ganjar. Loyalitas partai kemudian tidak menegasikan loyalitas dia ketika terpilih,” ucap dia.

Lebih lanjut, Yunarto mengatakan, Ganjar juga dianggap ingin menampik adanya kedekatan antara Jokowi dan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto melalui desain baju garis hitam putih.

“Ini kan secara tidak langsung membantah klaim yang menyatakan Pak Jokowi mendukung Pak Prabowo atau membantah sebuah gimmick yang dimainkan teman-teman Gerindra soal billboard yang dipasang Pak Jokowi bersebelahan dengan Pak Prabowo,” kata dia.

Baca Juga: Sandiaga Uno Ajak Ganjar dan Prabowo Tamasya ke Danau Toba

2. Baju hitam putih desain Jokowi

Ganjar Pranowo (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Sebelumnya, Ganjar Pranowo ungkap alasannya memakai baju bergaris hitam putih yang didesain Presiden Jokowi. Baju itu juga dipakai seluruh relawan pendukung dalam acara Silaturahmi Relawan Ganjar di Gedung Serbaguna Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (19/7/2023).

Gubernur Jawa Tengah itu menyebut baju yang ia dan relawan pakai memiliki semangat perjuangan yang jelas dalam bersikap politik.

“Ganjar kenapa hitam putih? saya sampaikan bahwa saya bukan orang abu-abu ketika kita bersikap pada sebuah keputusan yang sulit anda mau pilih yang mana. Saya yakin yang hadir di sini sudah memilih pada sikap itu, mudah-mudahan kita sama,” ucap Ganjar disambut sorak relawan.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya