TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Menkes Akui Varian COVID-19 Bernama Eris Sudah Masuk Indonesia

Masyarakat diimbau tidak khawatir

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Jakarta, IDN Times - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengakui varian COVID-19 bernama Eris sudah masuk di Indonesia. Menurutnya, varian tersebut masuk Indonesia dua bulan lalu.

"Varian baru tersebut memang sudah ada di Indonesia, sudah dari dua bulan lalu," ujar Budi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (9/8/2023).

Baca Juga: Presiden Terbitkan Perpres Akhiri Penanganan COVID-19, Ini 6 Pasalnya

Baca Juga: Vietnam Hukum 54 Orang dalam Sidang Kasus Korupsi Terkait COVID-19

1. Masyarakat diimbau tidak khawatir

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin di Kompleks Kepatihan, Kota Yogyakarta, Kamis (28/1/2021) (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Budi mengimbau masyarakat tidak khawatir dengan adanya varian baru tersebut. Saat ini, Indonesia sudah dalam endemik COVID-19.

"Iya, gak perlu khawatir," kata dia.

2. Varian Eris pertama kali muncul di Inggris

Ilustrasi Virus Corona. (IDN Times/Aditya Pratama)

Dilansir dari laman POPMAMA, varian Eris pertama kali menyebar di Inggris. Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menggolongkan varian baru ‘Eris’ ini sebagai daftar varian yang tengah dipantau atau variant under monitoring (VUM).

Langkah tersebut dicetuskan setelah varian 'Eris' prevalensinya terus meningkat di Inggris dan di beberapa negara lain, seperti Asia.

“Tingkat kasus COVID-19 terus meningkat minggu ini dibandingkan dengan laporan kami sebelumnya. 5,4 persen dari 4.396 spesimen pernapasan yang dilaporkan melalui Sistem Data Mart Pernapasan diidentifikasi sebagai COVID-19,” ungkap Badan keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) dalam laporannya.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya