TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

PTM Terbatas Disetop 3 Hari Jika Ada Pelajar yang Terpapar COVID-19

Siswa dan guru diminta disiplin prokes selama PTM terbatas

Ilustrasi siswa mengikuti pembelajaran tatap muka. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Jakarta, IDN Times - Satgas Penanganan COVID-19 mewanti-wanti kepada para guru dan pelajar untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan selama uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di sekolah. Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, mengatakan jika ada pelajar yang terpapar virus corona maka sekolah akan ditutup selama tiga hari.

"Jika nanti ditemukan adanya siswa yang terinfeksi COVID-19, kegiatan PTM di sekolah tersebut akan dihentikan selama tiga hari," ujar Wiku dalam konferensi pers virtual, Selasa (31/8/2021).

Baca Juga: Ribuan Pelajar di Gowa Ikut Vaksinasi COVID-19 demi Sekolah Tatap Muka

1. Ada 3,3 persen pelajar menolak divaksinasi

Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada pelajar di halaman Kantor Wali Kota Sorong, Papua Barat, Sabtu (28/08/2021) (ANTARA FOTO/Olha Mulalinda)

Dalam kesempatan itu, Wiku menanggapi hasil survei Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) terkait vaksinasi pada pelajar usia 12-17 tahun. Hasil survei mengatakan ada 88,2 persen pelajar bersedia menerima vaksinasi, 8,5 persen ragu-ragu dan 3,3 persen menolak.

Meski masih ada yang menolak, Wiku tak menjelaskan upaya apa yang dilakukan Satgas Penanganan COVID-19 ke depannya.

"Hasil survei tersebut menunjukkan mayortas peserta didik memiliki kesadaran dan kemauan untuk berpartisipasi dalam program vaksinasi nasional," ujar Wiku.

2. Sebanyak 1,7 juta anak usia 12-17 tahun sudah divaksin

ilustrasi vaksinasi (IDN Times/Herka Yanis).

Wiku menyampaikan, per 31 Agustus 2021, ada 1,7 juta anak usia 12-17 tahun yang sudah menerima vaksin COVID-19. Kemudian, jumlah tenaga pendidik yang sudah menerima vaksin ada sebanyak 1,9 juta orang.

"Ini upaya pemerintah memastikan perlindungan maksimal dalam PTM terbatas," ucapnya.

Baca Juga: Anies: Siswa Belum Vaksinasi Boleh Ikut PTM, Tapi Baiknya Divaksin 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya