TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Yaqut 'Serahkan' Jabatan Menag Sehari ke Santri Pemenang Sayembara

Pemenang sayembara santri asal PP Nurul Jadid Jatim

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas 'serahkan' jabatan Menteri Agama kepada santri. (dok. Kemenag)

Jakarta, IDN Times - Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas 'menyerahkan' jabatannya kepada seorang santri bernama Afi Ahmad Ridlo. Afi diberi kesempatan sehari untuk merasakan sebagai Menteri Agama.

Afi merasakan menjadi Menteri Agama pada Kamis (21/10/2021). 'Penyerahan' jabatan Menteri Agama itu merupakan salah satu program Sayembara Santri Sehari Menjadi Menteri.

Program ini merupakan salah satu rangkaian untuk peringatan Hari Santri 2021.

“Saya meminta seluruh jajaran pejabat eselon I dan ASN Kementerian Agama dapat membantu Afi yang akan menggantikan saya hari ini (21/10/2021)," ujar Yaqut dalam keterangannya, Jumat (22/10/2021).

Baca Juga: Kemenag: Dana 18 Ribu Jemaah Umrah Tertahan di Perusahaan Penerbangan

Baca Juga: Hari Santri 2021, Menag Apresiasi Pesantren Mampu Hadapi Pandemik

1. Bebas gunakan ruangan Menteri Agama

Upacara peringatan Hari Santri Nasional 2021 (Foto: Dok. Kemenag)

Yaqut mempersilakan kepada Afi bebas menggunakan ruangannya. Dia meminta kepada Afi untuk mengambil kesempatan ini dengan baik.

"Saya ‘serahkan’ Kementerian Agama, seluruh yang ada di sini, ruangan Menteri Agama, silakan dipergunakan. Manfaatkan kesempatan di sini untuk memberikan kontribusi untuk umat. Laksanakan, dan amankan," katanya.

2. Santri jangan hanya bisa ngaji

Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas (Foto: Dok. Kemenag)

Lebih lanjut, Yaqut mengatakan, menjadi santri jangan hanya bisa mengaji saja. Tapi harus juga bisa mengabdi kepada bangsa dan negara.

“Jadi santri tidak perlu minder, tidak perlu merasa terpinggirkan karena negara juga sudah memberikan afirmasi yang luar biasa kepada para santri,” ucapnya.

Yaqut berharap, program ini dapat memicu semangat para santri untuk lebih percaya diri. Menurutnya, santri itu bisa menjadi apa saja.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya