TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tiga Kriteria Calon Presiden 2024 Menurut Agum Gumelar

Pertama harus cinta NKRI dan Pancasila

Ketua Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas (IKAL) , Agum Gumelar (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas (IKAL), Agum Gumelar mengemukakan tiga kriteria pribadinya untuk menjadi presiden Indonesia pada 2024 nanti.

Hal tersebut disampaikan Agum dalam acara "Saran Kebangsaan" yang digelar di kediamannya di kawasan Jakarta Selatan, Minggu (17/9/2023).

"Soal siapa yang patut kita pilih, kalau hal ini bebas, tapi saya pribadi bisa menyampaikan beberapa kriteria. Ada 3 kriteria kalau menurut saya karena 2024 ini terjadi pergantian kepemimpinan," kata Agum.

Baca Juga: Ini Janji Manis Bakal Capres-Cawapres Jelang Pilpres 2024, Ada BBM Gratis

1. Menghormati jasa pahlawan

ilustrasi Garuda Pancasila (IDN Times/Abraham Herdyanto)

Kriteria pertama Agum untuk menjadi presiden baru Indonesia adalah menghormati jasa para pahlawan.

Penghormatan terhadap jasa para pahlawan itu ditunjukkan lewat komitmen kuat dan tinggi untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Pancasila.

"Dia calon pemimpin 2024 yang komitmennya ke NKRI dan Pancasila tidak usah diragukan lagi. Komitmennya tinggi sekali terhadap NKRI dan Pancasila. Itu yang pertama," ujar Agum.

2. Punya sikap bijak

Presiden Jokowi mengajak masyarakat berikhtiar dalam menghadapi pandemik COVID-19 (Dok. Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden Vadhia Lidyana/IDN Times)

Kriteria calon presiden berikutnya adalah mampu bersikap bijak. Hal itu dibuktikan dengan tekad kuat melanjutkan hal-hal yang baik selama kepemimpinan Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan meninggalkan hal-hal buruk dari presiden sebelumnya.

"Sikap bijak inilah yang harus kita cari. Jangan sampai jadi pemimpin yang mencari kesalahan (presiden) lama. Yang baik lanjutkan dan yang buruk tinggalkan, tanpa caci maki, tanpa gembar gembor," ucap dia.

Baca Juga: Jokowi Kenang Titik Awal Bangun Karier Politik: Modal Trust dan Ndeso

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya