Museum Nasional Kebakaran Diduga Akibat Korsleting

Korsleting listrik terjadi di bedeng proyek renovasi museum

Jakarta, IDN Times - Kebakaran terjadi di Museum Nasional atau Museum Gajah pada Sabtu (16/9/2023) malam. Museum Nasional kebakaran tersebut diduga berasal dari korsleting arus listrik yang terjadi di bedeng proyek renovasi museum tersebut.

Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Kasudin Gulkarmat) Asril Rizal mengatakan korsleting listrik tersebut menjadi penyebab Museum Nasional kebakaran, tepatnya di Gedung Blok A yang menjadi ruang pameran koleksi museum.

"Korsleting listrik di belakang pameran museum diduga berasal dari area bedeng tukang yang sedang melaksanakan perbaikan gedung Blok C," kata Asril saat dikonfirmasi di Jakarta.

Berdasarkan laporan kebakaran Sudin Gulkarmat Jakarta Pusat, kebakaran berawal ketika petugas keamanan sedang melaksanakan apel. Tidak lama kemudian sekitar pukul 19.58 WIB, terjadi ledakan yang cukup besar dari arah bedeng proyek yang sedang mengerjakan renovasi di Museum Nasional. Alarm gedung pun berbunyi dan saat dilihat, api sudah membesar.

Hingga berita ini diturunkan, petugas masih berupaya mendinginkan area yang terbakar.

Dari laporan sementara, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini.

Baca Juga: Area Sekitar Museum Nasional Kebakaran, 8 Unit Pemadam Dikerahkan

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Mohamad Aria

Berita Terkini Lainnya