TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Dibuka Besok, Ini Cara Ikut Seleksi CPNS

Ada sebanyak 19.210 posisi yang ditawarkan

Galih Pradipta/ANTARA FOTO

Menjadi pegawai di pemerintahan adalah impian dari banyak orang, khususnya mereka yang memenuhi kriteria dan memiliki kemampuan yang mumpuni di bidangnya. Besok pada hari Selasa 1 Agustus 2017, Pemerintah akan membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2017 di lingkungan Mahkamah Agung (MA) dan Kementerian Hukum dan HAM. Tak tanggung-tanggung, ada sebanyak 19.210 posisi yang ditawarkan dalam tes kali ini.

Pertama, daftar online dulu.

Galih Pradipta/ANTARA FOTO

Hal pertama yang harus dilakukan adalah registrasi melalui situs online penerimaan CPNS yang telah disediakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), yakni https://sscn.bkn.go.id. Sejumlah data yang harus diisi pendaftar antara lain adalah Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP)/NIK pada Kartu Keluarga (KK) dan Nomor KK.

Baca Juga: Pemerintah Pangkas Jam Kerja PNS Selama Ramadan.

Pelamar di MA harus menulis tangan lamarannya. 

Muhammad Iqbal/ANTARA FOTO

Usai mendaftar melalui online, para peserta akan menerima kartu pendaftaran registrasi online. Cetak kartu tersebut dan sertakan beberapa dokumen lainnya. Dokumen-dokumen tersebut antara lain:

  • Surat lamaran ditulis tangan dengan tinta hitam dan ditandatangani di atas materai Rp 6.000 yang ditujukan kepada Sekretaris Mahkamah Agung RI
  • Fotokopi KTP 
  • Fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisasi 
  • Surat keterangan akreditasi dari BAN PT
  • Pas foto terbaru ukuran 4 cm x 6 cm sebanyak empat lembar dengan latar belakang merah dan menuliskan nomor registrasi online dan nama pelamar di belakang foto tersebut.

Masukkan berkas-berkas tersebut ke dalam amplop cokelat. Jangan lupa tulis nomor pendaftaran registrasi online di bagian sudut kanan atas. Selanjutnya, kirim berkas tersebut dengan tujuan Panitia Seleksi Penerimaan Calon Hakim MA RI melalui POS dengan PO BOX 2700 Jakarta 10027 selambat-lambatnya 26 Agustus 2017. Jika ada yang perlu ditanyakan, pelamar bisa langsung menghubungi Call Center Mahkamah Agung di nomor 082110891729.

Baca Juga: Jadi PNS Secara Jujur Itu Mudah Kok! Terapkan Saja Cara Ini. 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya