TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Demi Jaga Kebersihan, Para Relawan Punguti Sampah di Tengah Aksi Demo 4 November

Kebersihan pangkal kesehatan

Akbar Nugraha Gumay/ANTARA FOTO

Guna menjaga kebersihan selama aksi demo Jumat 4 November 2016 ini, para demonstran menyiagakan tim Peka #PeduliKebersihanAksi. Tim peduli kebersihan ini dikomandoi oleh organisasi Gerakan Membersihkan Masjid (Gemas). Penggagas Gemas adalah pria bernama Romadi. Dia mengatakan pada aksi demo 4 November ini, Gemas berkonsentrasi menjaga kebersihan di sekitar lokasi demonstrasi.

Nursita/Kompas.com

Dikutip Kompas.com, (4/11), pria berusia 43 tahun dan timnya akan berfokus dalam bidang kebersihkan karena ini sangat penting sekali. Romadi menuturkan, sejak pagi tadi, tim peduli kebersihan sudah menempatkan kantong-kantong kebersihan di berbagai titik di Kawasan Masjid Istiqlal.

Mereka telah menyiapkan kantong sampah menggunakan plastik hitam besar bertuliskan tempat sampah. Romadi menuturkan, pada saat massa bergerak menuju Istana Negara, relawan Gemas akan berada di barisan paling belakang untuk membersihkan sampah.

Baca Juga: Tak Hanya Demo Ahok, 4 November Juga Catat Berbagai Sejarah Dunia.

Organisasi Gemas ini sudah berdiri sejak November 2014 lalu. Tidak hanya membersihkan masjid-masjid, Gemas juga seringkali turun untuk bersih-bersih dalam car free day. Romadi mengatakan bahwa membersihkan masjid ini hanyalah sebagai langkah awal. Tujuan utama mereka adalah menebar manfaat, menebar cinta, dan membangun kepedulian terhadap sesama dan lingkungan sekitar.

Relawan Gemas beranggotakan 200 orang yang siap siaga.

Muhammad Luthfi Rahman/Merdeka.com

Setelah shalat Jumat mereka menyisir mulai dari ujung yang paling belakang. Dia dan timnya mengusahakan bisa membersihkan tempat tersebut seperti semula. Selain relawan Gemas, Romadi menyebut tim kebersihan aksi akan melibatkan berbagai elemen. Dari relawan Gemas, ada 200 anggota yang disiagakan.

Baca Juga: Tak Cuma Jakarta, Demo Anti Ahok juga Terjadi di 4 Kota Lain

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya