TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Menag Lukman Disengat Ikan Pari di Pulau Sangalaki, Begini Kronologisnya

Menag Lukman belum bisa berjalan kaki

IDN Times/Margith Juita Damanik

Jakarta, IDN Times - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin tersengat ikan Pari saat melaksanakan wisata keluarga di Pulau Sangalaki, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, kemarin. 

Baca juga: Ini Lho Pesan Menteri Agama saat Gerhana Bulan

1. Menag Lukman disengat ikan Pari di kaki

IDN Times/Margith Juita Damanik

Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Sonhaji mengatakan Menag Lukman disengat ikan Pari pada Sabtu 3 Februari 2018 pukul 11.05 Wita.

"Menang Lukman Hakim kaki sebelah kanan tersengat ekor ikan Pari pada saat naik speedboat untuk melanjutkan perjalanan ke Pulau Kakaban dan Maratua, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Utara," ujar Sonhaji dalam keterangan tertulisnya, Minggu (4/2).

2. Kronologis sebelum dan sesudah Menag disengat ikan Pari

pinimg.com

Pada Jumat 2 Februari 2018 pukul 13.00 Wita, Menag Lukman beserta empat anggota keluarga tiba di Bandara Kalimarau Kabupaten Berau menggunakan pesawat Garuda Indonesia, dalam rangka melakukan wisata keluarga ke Pulau Derawan, Sangalaki, Kakaban dan Maratua menggunakan jasa travel asal Kota Tarakan.

Pada pukul 11.10 Wita, Menag Lukman beserta keluarga menggunakan jasa mobil travel menuju Pulau Derawan melalui Tanjung Batu, dan menginap di penginapan Winda di kampung Pulau Derawan.

Pada Sabtu 3 Februari 2018 pukul 08.45 Wita setelah melaksanakan sarapan pagi menuju Pulau Sangalaki menggunakan dua speedboat milik warga Kampung Pulau Derawan dan tiba pukul 09.45 Wita, dilanjutkan kegiatan wisata di Pulau Sangalaki.

"Pada pukul 11.05 Wita saat akan meninggalkan Pulau Derawan menggunakan speedboat, kaki kanan Menteri Agama RI menginjak ekor ikan Pari, dan saat itu juga rombongan tidak jadi melanjutkan perjalanan dan kembali ke penginapan Winda di Pulau Derawan," sebut Sonhaji.

Pada pukul 12.20 Wita, Menag Lukman beserta keluarga tiba di Pulu Derawan dan langsung dibawa ke Puskesmas Pulau Derawan, untuk mendapatkan pertolongan pertama.

"Pada pukul 16.20 Wita karena kondisi kaki kanan mulai membengkak dan tidak mampu berjalan, Menteri Agama RI selanjutnya dievakuasi menuju RSUD Abdul Rifai Tanjung Redeb Berau menggunakan speed milik H Zubair warga Pulau Derawan," Sonhaji melanjutkan.

Kemudina, pada pukul 18.30 Wita Menag Lukman tiba di RSUD Abdul Rifai dan langsung mendapat perawatan medis. Hingga pukul 22.00 Wita, Menag masih dirawat di ruang VIP Edelweiss Nomor 5 didampingi sang istri, Trisna Welly.

"Sedangkan ketiga anaknya (Zahrah Humairoh, Zalzabilah, Nouval) menginap di Hotel Grand Parama Jalan Pemuda Tanjung Redeb Kabupaten Berau," ujar Sonhaji. 

Baca juga: Menteri Agama: Begini Cara Islam Menangkal Hoax

 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya