TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sosok Anies Baswedan di Mata Mantan Kapolda Jatim

Anies dinilai sosok yang mumpuni sebagai pemimpin

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (IDN Times/Gregorius Aryodamar)

Jakarta, IDN Times - Saat ini ada tiga bakal calon presiden (capres) yang akan berkontestasi pada Pilpres 2024. Masyarakat sebagai pemilih perlu mengetahui detail ketiga calon presiden tersebut, mulai dari latar belakang keluarga, pendidikan, rekam jejak, pengalaman, hingga karakter mereka.

Purnawirawan perwira tinggi Polri yang merupakan mantan Kapolda Jawa Timur, Irjen. Pol. (Purn.) Anas Yusuf, memiliki perspektif tersendiri tentang kepemimpinan bakal capres Anies Baswedan. Dia menilai Anies adalah sosok yang mumpuni.

Baca Juga: NasDem Ungkap Momentum yang Tepat Buat Umumkan Cawapres Anies

1. Anies dinilai memiliki pengalaman dan berpendidikan

mantan Kapolda Jawa Timur, Irjen. Pol. (Purn.) Anas Yusuf (ANTARA/Fiqih Arfani)

Anas mengatakan, dalam konstelasi di tahun politik ini telah terdapat tiga cawapres, salah satunya Anies Baswedan yang diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), yang disokong tiga partai yakni Partai NasDem, PKS, dan Demokrat.

Jebolan Akademi Kepolisian (Akpol) 1984 yang memiliki pengalaman dalam bidang reserse ini, berpendapat pemimpin harus memiliki kemampuan manajerial yang baik, leadership, visioner, dan pengetahuan tentang strategi, baik geopolitik maupun geostrategi, serta kejujuran.

"Saya melihat sosok Pak Anies ini sangat mumpuni. Pertama, dari latar belakang akademis atau pendidikan, sejak masih mahasiswa beliau sudah menjadi duta sekolah di mana-mana, ini tentu sangat bagus," ujar Anas dalam keterangan tertulis, Sabtu (22/7/2023).

"Kemudian, beliau sarat dengan pengalaman, pernah menjadi tim sukses Pilpres 2014, menjadi Gubernur DKI Jakarta, menjadi Menteri Pendidikan, rektor, dan berbagai inisiatif gerakan-gerakan sosial seperti Indonesia Mengajar," sambungnya.

Baca Juga: Elektabilitas Anies Rendah Efek Tingginya Kepuasan Kinerja Jokowi

2. Anies dinilai memiliki kriteria seorang pemimpin

IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Anas menyebut, sosok Anies Baswedan sudah memiliki pengalaman luar biasa, sehingga sangat tepat sebagai cawapres maupun presiden. Anies, kata dia, sudah memiliki kriteria seorang pemimpin.

"Itu pandangan saya sebagai purnawirawan Polri yang memiliki hak sama dengan masyarakat sipil, baik untuk memilih maupun dipilih. Saya tertarik dengan figur Pak Anies karena memiliki kriteria-kriteria sebagai pemimpin," kata dia.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya