TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Meriahkan Imlek, Masjid Babah Alun Desari Bagi-bagi Angpao 

Angpao dibagikan untuk masyarakat dan anak yatim piatu

Pendiri Masjid Babah Alun Desari, Muhammad Jusuf Hamka (Antaranews/Laily Rahmawati)

Jakarta, IDN Times - Masjid Babah Alun Desari yang terletak di pintu Tol Depok-Antasari, merayakan Imlek dengan cara mereka sendiri. Mereka membagi-bagikan angpao kepada masyarakat dan anak yatim pada Jumat (12/2/2021).

Pembagian angpao ini dilakukan secara langsung oleh pendiri Masjid Babah Alun Desar, Muhammad Jusuf Hamka. Ia sudah menyiapkan 300 angpao yang dibagi-bagikan kepada masyarakat dan anak yatim piatu yang datang ke masjid tersebut.

"Saya tidak merayakan Imlek, tetapi saya ikut acaranya (Tahun Baru Imlek) tetapi bukan ritualnya, karena saya juga pembina Klenteng Petak Sembilan," ujar Jusuf seperti dilansir ANTARA, Jumat (12/2/2021).

Baca Juga: Fakta-fakta Imlek di Indonesia, Dilarang Soeharto Diizinkan Gus Dur 

1. Jusuf juga membagikan angpao kepada masyarakat di Klenteng Petak Sembilan

IDN Times/Gregorius Aryodamar

Sebelum membagikan angpao di Masjid Babah Alun Desari, Jusuf sempat membagikan angpao juga di daerah Klenteng Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Pusat. Menurutnya, apa yang ia lakukan ini merupakan bagian dari syiar Islam.

Ia juga mengaku tidak membagikan angpao secara jor-joran, berbalut nominal yang fantastis. Ia memastikan, angpao yang dibagikan kepada masyarakat cukup untuk memenuhi kebutuhan beras masyarakat sebanyak lima liter.

"Angpao itu cuma simbol, bukan nilai materinya tapi angpao itu isinya Rp20 ribu, Rp50 ribu, Rp100 ribu, biar bisa beli beras lima liter saja kan membantu, daripada saya bungkusin sembako, mending bungkusin angpao," ujarnya.

2. Pembagian angpao tidak melanggar protokol kesehatan

IDN Times/Aji

Jusuf yang juga merupakan putra angkat Prof. Buya Hamka ini memastikan, acara pembagian angpao ini tidak melanggar protokol kesehatan. Kegiatan juga sudah dikoordinasikan dengan pihak-pihak terkait.

Pembagian sendiri dilakukan setelah ibadah salat Jumat, dan para penerima angpao diwajibkan duduk sesua safnya masing-masing. Jusuf mewanti-wanti agar warga yang datang tidak berkerumun dan berdiri.

Selain itu, masyarakat yang datang ke masjid wajib memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan sudah diukur suhu tubuhnya. Kegiatan pembagian ini juga diawasil oleh Camat Cilandak, Mundari.

"Jadi pembagian angpao ini dalam rangka perayaan Imlek sambil sedekah, Jumat berkah, Jumat Sedekah," ujar Jusuf.

Baca Juga: Pesan Jokowi Saat Imlek: Semoga Kita Tetap dalam Semangat Persaudaraan

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya