TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

[BREAKING] Saksi Mata: Saat Kilang Pertamina Balongan Meledak Tidak Turun Hujan

Lima orang mengalami luka berat akibat ledakan di Balongan

Ilustrasi Kebakaran (IDN Times/Mardya Shakti)

Jakarta, IDN Times - Warga yang bermukim di sekitar kilang Pertamina RU VI Balongan Indramayu, Jawa Barat, menuturkan saat terjadi ledakan pada pukul 00.45 WIB Senin (29/3/2021), di area tersebut sedang tidak turun hujan.

Keterangan itu berbeda dari rilis resmi yang disampaikan oleh PT Pertamina. Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical PT Pertamina Ifki Sukarya mengatakan, saat ledakan terjadi di area tersebut sedang turun hujan deras dan disertai petir. 

"Awalnya kami sangka itu (ledakan) petir yang luar biasa. Tapi, karena tidak hujan, akhirnya orang pada keluar. Saat sudah berada di luar, kami lihat api sudah menyala. Masyarakat akhirnya panik dan memilih mengungsi ke luar desa kami. Hampir semua (warga) yang ada di blok ini mengungsi, terutama warga yang memiliki penyakit asma atau paru-paru," ujar Ketua DKM Masjid Jami, Maftuhin, ketika diwawancarai Kompas TV

Akibat ledakan dan kebakaran tersebut, masjid dan rumah-rumah warga yang berada di sekitar kilang ikut mengalami kerusakan. Maftuhin mengatakan, jendela di masjid banyak yang pecah. Begitu juga kaca-kaca di rumah warga. 

"Bahkan, ada yang plafon rumahnya sampai runtuh," tutur dia lagi. 

Berdasarkan keterangan resmi dari PT Pertamina, sebanyak lima orang mengalami luka berat dan 15 orang lainnya mengalami luka ringan usai terjadi ledakan di kilang minyak milik PT Pertamina unit RU VI yang ada di Balongan, Indramayu. Bupati Indramayu Nina Agustina menyebut, sekitar 700 warga dipastikan mengungsi di tiga titik berbeda. 

PT Pertamina memastikan pasokan BBM ke area Jakarta dan sekitarnya tidak terpengaruh akibat insiden ledakan dini hari tadi. 

Apakah kamu menjadi saksi mata peristiwa ini? Ceritakan kepada kami melalui email: redaksi@idntimes.com atau mention kami di akun Twitter @idntimes

Baca Juga: [BREAKING] Kilang Pertamina Balongan Indramayu Terbakar

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya