TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Calon Dubes Baru Pilihan Jokowi: Dari Rosan Roeslani Hingga Fadjroel

Uji kelayakan dan kepatutan diperkirakan minggu ke-2 Juli

Juru Bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman, memberikan keterangan pers di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis 5 Desember 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Jakarta, IDN Times - Memasuki pertengahan 2021, Presiden Joko "Jokowi" Widodo kembali mengirimkan daftar calon duta besar ke Komisi I DPR. Dari daftar yang beredar terdapat 33 nama yang dicalonkan menjadi dubes yang mewakili Indonesia di sejumlah negara. 

Beberapa nama terlihat sudah familiar, di antaranya Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Rosan Roeslani dan Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman. Dalam daftar itu, Rosan akan ditugaskan mewakili Indonesia di Amerika Serikat. Sedangkan Fadjroel menjadi calon dubes di Kazakhstan dan Tajikistan. 

Konfirmasi mengenai daftar nama disampaikan oleh anggota Komisi I dari Fraksi Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Muhammad Farhan. "Daftar itu confirmed," ujar Farhan kepada IDN Times, Jumat (25/6/2021) melalui pesan pendek. 

Konfirmasi lainnya juga diperoleh dari Ketua Komisi I, Meutya Hafid. "Kurang lebih demikian (daftar calon dubes yang diajukan). Tapi, saya tidak bisa disclosed satu persatu. Kurang lebihnya demikian (nama-namanya)," ujar Meutya hari ini. 

Kapan jadwal uji kepatutan dan kelayakan akan digelar di Komisi I DPR?

Baca Juga: Eks Menkes Terawan Disebut Mundur dari Pencalonan Dubes RI di Spanyol

1. Uji kepatutan dan kelayakan calon dubes akan digelar minggu kedua Juli 2021

Instagram.com/@meutya_hafid

Sementara, menurut Meutya, rencananya uji kepatutan dan kelayakan para calon dubes itu akan dilakukan pada minggu kedua Juli 2021. "Fit and proper test kami jadwalkan pada minggu kedua Juli," kata dia. 

Komisi I baru aktif kembali setelah sebelumnya sempat ditutup sementara karena sejumlah anggota dan pegawai terpapar COVID-19. 

2. Fadjroel sebut tugas apapun dari Presiden Jokowi adalah anugerah

IDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Sementara, ketika dimintai komentarnya, Fadjroel mengaku siap untuk ditugaskan apapun oleh Presiden Jokowi. Termasuk bila diajukan menjadi calon dubes. 

"Karena apapun tugas negara yang diarahkan Presiden Jokowi kepada saya adalah anugerah yang tak ternilai," ujar Fadjroel melalui pesan pendek kepada IDN Times, Jumat. 

Ia mengatakan, tugas negara adalah tugas mulia meski ditugaskan di luar Indonesia. "Itu semua kan untuk kejayaan negara dan bangsa menuju Indonesia maju," kata dia lagi. 

Sebelumnya, selain menjadi jubir presiden, Fadjroel juga diberikan kepercayaan menjadi komisaris BUMN PT Waskita Karya. Fadjroel menduduki posisi itu sejak Juni 2020. 

Baca Juga: Cerita Suryopratomo, dari Bos Metro TV Jadi Dubes RI di Singapura 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya