TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 April 2024: Hari Nelayan Indonesia

Tanggal 6 April diperingati sebagai Hari Nelayan Nasional

Ilustrasi nelayan menangkap ikan. (IDN Times/Dhana Kencana)

Jakarta, IDN Times - Hari Nelayan Nasional diperingati sebagai bentuk mengapresiasi jasa para nelayan Indonesia dalam upaya pemenuhan kebutuhan protein dan gizi bagi seluruh masyarakat Indonesia. Hal ini sekaligus sebagai bentuk pengingat untuk bersyukur dan memajukan kesejahteraan nelayan.

Hari Nelayan Nasional merupakan tradisi turun temurun untuk mengungkapkan syukur atas kesejahteraan hidup yang diberikan. Ucapan ini diisi dengan tarian tradisional dan pelepasan sajen ke laut dengan harapan agar hasil tangkapan nelayan mengalami peningkatan.

Baca Juga: DFW Kecam Aturan Penangkapan Udang yang Rugikan Nelayan Kecil

1. Sejarah Hari Nelayan Nasional

IDN Times/Daruwaskita

Setiap tanggal 6 April, masyarakat di Pelabuhan Ratu Sukabumi, Jawa Barat mengadakan upacara Labuh Saji. Upacara ini merupakan bentuk penghormatan kepada seorang putri bernama Nyi Putri Mayangsagara, yang bertujuan agar rakyat mendapat kesejahteraan dari pekerjaan mereka sebagai nelayan.

Sesajen yang digunakan adalah kepala kerbau atau kepala kambing. Namun, saat ini tradisi tersebut diganti dengan penaburan benih ikan, bibit udang dan anak penyu ke tengah teluk Pelabuhan Ratu Sukabumi. Harapannya agar laut Pelabuhan Ratu tetap subur dan memberikan hasil yang melimpah bagi nelayan.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya