TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Menko PMK: Masjid Harus Jadi Pusat Pemberdayaan Masyarakat

Fokus pemberdayaan dan ekonomi keumatan

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, mendukung pemberdayaan masyarakat yang dilakukan di lingkungan masjid. (Dok. Kemenko PMK).

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, mendukung pemberdayaan masyarakat yang dilakukan di lingkungan masjid.

Hal itu disampaikan Muhadjir saat bersama Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dalam meninjau dan membagikan langsung SIM peserta les mengemudi gratis dan demo peserta training barista, serta program vaksinasi yang dilakukan di Masjid Ash Shomad, Cikupa, Tangerang, Jumat (5/8/2022).

"Keberadaan masjid di Indonesia diharapkan tak hanya untuk beribadah. Namun juga bisa menjadi pusat pemberdayaan warga sekitar," kata Muhadjir yang pada kesempatan itumenjadi Khotib dan Imam Salat Jumat.

Baca Juga: Masjid An-Nawier Pekojan, Masjid Pembawa Berkah bagi Jemaah

Baca Juga: Masjid Lautze, Masjid Para Mualaf Akan Gelar Salat Idul Fitri di Jalan

1. Masjid berperan penting dalam pengembangan ekonomi

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, mendukung pemberdayaan masyarakat yang dilakukan di lingkungan masjid. (Dok. Kemenko PMK).

Sementara itu, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi selaku pendiri sekaligus Ketua Dewan Penasehat Masjid Ash Shomad berharap, pelatihan yang dilakukan dapat bermanfaat untuk masyarakat dalam peningkatan taraf ekonomi umat. 

"Masjid berperan penting dalam pengembangan ekonomi dan bermanfaat untuk orang banyak, jadi harus dimaksimalkan fungsinya," kata Budi Karya.

Baca Juga: Kebut Vaksinasi, Polres Maros Dirikan Posko di Masjid-masjid

2. Fokus pemberdayaan dan ekonomi keumatan

Dok. Kemenko PMK

Ketua Umum DKM Masjid Ash Shomad, Ustaz Marjuki mengatakan, pemberdayaan masyarakat di Masjid Ash Shomad difokuskan pada pemberdayaan dan ekonomi keumatan. 

"Sejumlah kegiatan yang digelar di Masjid Ash Shomad seperti pelatihan mengemudi gratis dan training barista juga difokuskan pada masyarakat dhuafa dan kalangan kurang mampu, agar memiliki bekal untuk bekerja," kata Ustaz Marzuki.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya