TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kapal Selam KRI Nanggala-402 Hilang Saat Akan Menembakkan Rudal

Ada 53 personel di dalam kapal selam KRI Nanggala-402

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (ANTARA FOTO/Dokumentasi Puspen TNI)

Jakarta, IDN Times - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan, Kapal selam milik TNI AL, KRI Nanggala-402, hilang kontak saat akan melakukan penembakan rudal.

"Terakhir komunikasi pada pukul 04.30. Ketika mau laksanakan penembakan sudah tidak ada komunikasi," kata Hadi seperti dilansir ANTARA, Rabu (21/4/2021).

Kapal selam KRI Nanggala-402 hilang kontak di perairan Bali, pada Rabu (21/4/2021). Saat ini kapal buatan Jerman itu tengah dicari.

Baca Juga: Kapal Selam TNI AL KRI Nanggala-402 Hilang Kontak di Perairan Bali

1. Sebelum hilang, Panglima TNI berencana akan menyaksikan latihan penembakan torpedo

kapal selam KRI Nanggala-402 ( ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Sebelum kapal selam itu dinyatakan hilang, Panglima TNI rencananya akan menyaksikan latihan penembakan torpedo pada Kamis (22/4/2021) besok.

"Rencananya besok pagi on board melihat latihan untuk penembakan torpedo sekalian penyematan brevet kepada Kapolri," ujar Hadi, yang melakukan kunjungan kerja ke Bali bersama Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo.

2. Ada 53 personel di dalam kapal selam, termasuk komandan kapal

Dua kapal selam KRI Ardadedali-404 (depan) dan KRI Alugoro-405 (belakang) bersandar di Dermaga Faslabuh Selat Lampa Pangkalan TNI AL Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Selasa (6/4/2021). (ANTARA FOTO/Teguh Prihatna)

Kapal selam KRI Nanggala-402 merupakan kapal buatan Jerman Barat pada 1979. Kapal ini ditumpangi oleh 53 orang.

"Iya, 49 ditambah ada komandan kapal ini, ada yang ikut tigadari arsenalnya. 'Kan mau nembak ini rudalnya," kata Panglima TNI.

Untuk pencarian, Panglima TNI telah meminta bantuan kepada Singapura dan Australia. Seluruh kapal milik TNI Angkatan Laut yang memiliki kemampuan pencarian bawah air juga sudah dikerahkan untuk mencari kapal selam itu.

Baca Juga: TNI Minta Bantuan Singapura-Australia Cari Kapal Selam KRI Nanggala 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya