TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Waspada Cuaca Ekstrem 2-8 Oktober, BMKG Imbau Warga Siaga Dampak Hujan

Cuaca ekstrem berpotensi terjadi di banyak wilayah RI

Ilustrasi Siklon Tropis di Indonesia ( ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Jakarta, IDN Times - Cuaca ekstrem berpotensi terjadi selama 2-8 Oktober 2022. Karena itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga untuk waspada.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan, saat ini diindikasikan terdapat signifikansi dinamika atmosfer yang dapat berdampak pada peningkatan curah hujan di beberapa wilayah Indonesia.

"Hasil analisis kondisi dinamika atmosfer terkini menunjukkan adanya belokan dan perlambatan kecepatan angin yang dapat meningkatkan pola konvektivitas," katanya seperti dikutip dari ANTARA, Minggu (2/10/2022).

 

 

Baca Juga: Transisi Menuju Musim Hujan, BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem di NTB 

1. Diperkirakan terjadi hujan lebat disertai petir dan angin

Ilustrasi hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Guswanto juga menjelaskan, aktifnya fenomena Madden Jullian Oscillation (MJO) yang berinteraksi dengan gelombang Rossby Ekuator dan gelombang Kelvin, dapat memaksimalkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan.

"Berdasarkan kondisi itu, BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang untuk periode 2-8 Oktober 2022," katanya.

2. Berpotensi terjadi dari Aceh sampai Papua

Ilustrasi Peta Indonesia (IDN Times/Arief Rahmat)

Kondisi cuaca seperti ini, kata dia, berpeluang terjadi di wilayah Provinsi Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Kepulauan Riau, Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Jambi, Bengkulu, Sumatra Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali.

Juga di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua Barat, dan Papua.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya