TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Awas Klaster Baru! Satgas Minta Konser Kampanye Pilkada Virtual Saja

Jangan sampai bikin klaster baru!

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Bakti Bawono Adisasmito mengatakan situasi penularan COVID-19 di wilayah DKI Jakarta perlu mendapatkan perhatian masyarakat secara luas dalam konferensi pers di Gedung BNPB, Jakarta (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, meminta agar konser kampanye Pilkada 2020 digelar secara virtual. Hal itu dianjurkan guna mengurangi angka penyebaran COVID-19.

"Di sisi lain kita juga harus antisipasi kemungkinan adanya konser atau acara yang digelar, yang berpotensi munculkan kerumunan dan penularan," ujar Wiku dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (17/9/2020).

Baca Juga: Komisi II DPR: Tangguhkan Peraturan Konser dalam Kampanye Pilkada

1. Cegah penularan, Satgas minta kegiatan yang menimbulkan massa dilaksanakan virtual

Juru Bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito di Kantor Presiden, Jakarta (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Terkait kegiatan yang bisa menimbulkan kerumunan massa, Wiku meminta agar hal itu disesuaikan dengan kondisi pandemik COVID-19. Ia pun menganjurkan agar semua kegiatan yang mengumpulkan massa, seperti konser, bisa dilakukan secara virtual.

"Mohon agar sesuaikan, supaya kegiatan tersebut tidak menimbulkan kerumunan dan penularan dengan mengalihkan ke digital, tanpa mengumpulkan massa secara fisik," jelasnya.

2. Wiku ingatkan Jatim dan Jateng jadi wilayah Pilkada dengan risiko tinggi

Operasi yustisi di Surabaya pada 16-17 September 2020. Istimewa

Selain itu, Wiku juga meminta masyarakat dan peserta Pilkada untuk selalu waspada daerah dengan zona merah. Ia mengingatkan tentang Jawa Timur dan Jawa Tengah yang menjadi wilayah berisiko tinggi di Pilkada 2020.

"Artinya pengetatan protokol kesehatan wajib dilakukan di semua rangkaian kegiatan Pilkada. Ini menjadi catatan penting bagi semua daerah, terutama di dua wilayah ini," ucapnya.

Baca Juga: Epidemiolog: Konser dan Bazar Saat Kampanye Timbulkan Klaster Baru

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya