TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Gelar KTT untuk Bahas Pandemi Virus Corona, Ini Hasil Kesepakatan G20

Salah satunya kolaborasi membuat antivirus corona

(Biro Pers Kepresidenan)

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 melalui video conference. Dalam KTT tersebut, para pimpinan negara anggota G20 tengah membahas tentang pandemi virus corona.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan ada beberapa hal yang menjadi kesepakatan para pimpinan negara dalam forum tersebut. Tak hanya dihadiri oleh anggota G20, KTT juga dihadiri organisasi-organisasi dunia seperti PBB, WHO, IMF, dan World Bank.

Lantas, apa saja ya kesepakatan yang diambil oleh para pimpinan negara anggota G20 itu?

Baca Juga: Ikut KTT G20 yang Bahas COVID-19, Ini Hal yang akan Disampaikan Jokowi

1. G20 sepakatan pandemi virus corona bukan hanya masalah kesehatan tapi juga tragedi manusia

Instagram.com/smindrawati

Sri mengatakan kesepakatan pertama dari para pemimpin negara itu adalah keselamatan rakyatnya. Menurut Sri, para pemimpin sepakat bahwa pandemi virus corona bukan hanya masalah kesehatan saja tetapi juga tragedi manusia.

"Saat ini bagaimana seluruh negara dunia mencoba kurang risiko pencegahan penyebaran. Itu akan berkonsekuensi pada banyak hal," kata Sri dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (26/3).

2. Kolaborasi negara anggota G20 dalam menemukan antivirus corona

(Biro Pers Kepresidenan)

Kesepakatan kedua, ujar Sri, para pemimpin negara sepakat untuk bekerja sama dalam menemukan antiviris corona. Tentunya, kolaborasi itu juga dilakukan bersama World Health Organization (WHO) dan Global Alliance for Vaccines and Immunisation (GAVI).

"Di antara Menkeu, ada indikatif alokasikan 4 miliar dolar AS yang dimobilisasi seluruh negara dunia terutama G20 untuk akselerasi riset dan temukan antivirus atau vaksin pandemik COVID-19. Ini sedang dibahas bersama dalam level Menkeu anggota G20," tutur Sri.

Baca Juga: Usai Makamkan Ibu, Jokowi akan Ikut Video Conference KTT G20 di Bogor

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya