TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jokowi: Lonjakan Omicron Akan Terus Meningkat hingga Beberapa Minggu

Jokowi pastikan pemerintah sudah ada persiapan

Presiden Jokowi memberikan keterangan terkait perkembangan COVID-19 varian omicron (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengatakan lonjakan kasus COVID-19 varian Omicron akan mengalami peningkatan hingga beberapa minggu ke depan. Kendati begitu, Jokowi menyebut pemerintah sudah ada persiapan menghadapinya.

"Belajar dari lonjakan kasus omicron yang sudah terjadi terlebih dahulu di berbagai negara, pemerintah sudah melakukan banyak persiapan untuk menghadapinya," ujar Jokowi dalam keterangan persnya, yang disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (28/1/2022).

Baca Juga: [BREAKING] Meroket! Kasus COVID-19 Naik Hampir 10 Ribu Hari Ini

1. Jokowi pastikan pemerintah lakukan perbaikan fasilitas kesehatan

Ruang Isolasi Pasien COVID-19 di RSUP Persahabatan (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Kemudian, Jokowi memastikan pemerintah sudah melakukan perbaikan berbagai sarana dan prasarana fasilitas kesehatan. Perbaikan itu dilakukan dengan menyesuaikan karakter dari varian Omicron.

"Perbaikan berbagai sarana dan prasarana, dan fasilitas kesehatan disesuaikan dengan karakter varian Omicron yang berbeda dengan sebelumnya dan membutuhkan penanganan yang berbeda pula. Salah satunya melalui layanan telemedicine aplikasi layanan kesehatan," kata Jokowi.

2. Jokowi sebut tidak semua kasus COVID-19 Omicron membutuhkan layanan langsung

ilustrasi nakes kelelahan setelah memberikan pelayanan pasien positif COVID-19 (IDN Times/Ervan)

Menurut Jokowi, tidak semua kasus COVID-19 membutuhkan layanan langsung. Terutama bagi pasien yang tidak memiliki gejala berat.

"Tak semua kasus COVID Omicron membutuhkan layanan langsung karena gejalanya tidak membahayakan. Yang paling penting meminimalkan kontak. Ini akan mencegah penyebaran yang lebih luas," jelas Jokowi.

Baca Juga: Jokowi: Pasien COVID-19 Gejala Ringan Isolasi Mandiri 5 Hari di Rumah

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya