TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

KRI Nanggala-402 Hilang, DPR: Perawatan Alutsista Perlu Dievaluasi

Standar operasionalnya juga perlu dievaluasi

Kapal Selam TNI Angkatan Laut. (lantamal9-koarmada3.tnial.mil.id)

Jakarta, IDN Times - Anggota Komisi I DPR, Dave Laksono, buka suara terkait kapal selam KRI Nanggala-402 yang hilang kontak di perairan utara Bali, Rabu (21/4/2021). Menurut Dave, hal ini harus dijadikan bahan evaluasi bagi pemerintah, terutama soal alutsista dan standar operasionalnya.

"Sistem operasionalnya itu seperti apa itu yang mesti apakah itu diubah, atau diperbaiki ya, apa pun itu namanya. Terus juga SOP-nya apakah itu layak apa tidak," kata Dave kepada IDN Times, Kamis (22/4/2021).

Baca Juga: [BREAKING] Cadangan Oksigen di KRI Nanggala-402 Hanya Bertahan 72 Jam

1. Pemeliharaan dan perawatan alutsista perlu ditingkatkan

Kapal Selam KRI Nanggala-402. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Selain SOP, Dave mengatakan perawatan dan pemeliharaan alutsista harus diperbaiki ke depannya. Dia mengatakan umur dari Kapal Selam KRI Nanggala-402 hanya salah satu faktor saja, namun pemeliharaannya yang terpenting.

"Jadi sebenarnya umur kapal selam itu satu faktor, tapi itu bukan faktor segala-galanya. Perawatan-perawatannya itu loh dan juga modernisasi kapal itu sendiri juga menentukan seberapa layaknya kapal itu, operasional," ujar Dave.

2. Sudah ingatkan Kemenhan untuk prioritas anggaran alutsista

Anggota Komisi I DPR RI Dave Laksono (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Menyoal kelayakan alutsista, Dave menyebut Komisi I DPR RI sering membahasnya dalam Panitia Kerja (Panja). Namun, semua itu dikembalikan lagi kepada Kementerian Pertahanan.

"Salah satunya Panja alutsista, dipastikan bahwa alutsista Indonesia itu dalam kondisi layak pakai, apa yang harus dianggarkan segera, apa yang harus kita lakukan, dari sisi regulasi anggaran dan sebagainya. Cuma kan ujung-ujungnya Kementerian Pertahanan. juga yang mana yang mau diprioritaskan operasionalnya," jelas Dave.

3. Pemerintah harus atur anggaran prioritas

IDN Times/Arief Rahmat

Mengenai perawatan dan pemeliharaan alutsista, Dave menyampaikan salah satu faktornya adalah anggaran. Sehingga, pemerintah harus bisa mengatur anggaran prioritas.

"Karena memang kebutuhan tinggi dan wilayahnya luas, penduduk kita banyak. Ini semua harus berkesinambungan jangan sampai jadinya lemah kekuatan kita," ucap dia.

Baca Juga: [BREAKING] Data Penemuan Lokasi Kapal Selam KRI Nanggala-402 Kurang

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya