TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Menag Tetap Izinkan Salat Jumat di Istiqlal di Tengah Wabah COVID-19

Suhu tubuh jemaah akan dicek dulu sebelum masuk masjid

(Presiden Jokowi meninjau Masjid Istiqlal pada 7 Februari 2020) Dokumentasi Sekretariat Kabinet

Jakarta, IDN Times - Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan salat Jumat di Masjid Istiqlal tetap dilaksanakan meski saat ini dunia tengah ramai dengan penyebaran virus corona atau COVID-19. Kendati ibadah salat Jumat tetap dilaksanakan, namun protokol dari pemerintah tetap dilaksanakan. 

Setiap jemaah yang akan masuk ke dalam Masjid Istiqlal, akan dilakukan pengecekan suhu. Apabila suhunya di atas 37,5 derajat celcius, maka jemaah diminta untuk pulang ke rumah.

Apa saja imbauan lainnya yang harus diperhatikan oleh para jemaah?

Baca Juga: Pemerintah Tak akan Isolasi Area Terdampak Virus Corona, Kenapa?

1. Pengecekan suhu dilakukan agar jemaah lebih tenang beribadah

Menteri Agama Fachrul Razi (IDN Times/Aldzah Aditya)

Fachrul menyampaikan pengecekan suhu akan dilakukan di setiap pintu masuk. Hal itu dilakukan agar jemaah merasa tenang saat beribadah.

"Nanti kita siapkan ya, untuk bisa melalui pintu-pintu masuk. Mudah-mudahan itu akan membuat jemaah lebih tenang melakukan ibadah," ujar Fachrul di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat pada Jumat (13/3).

2. Jemaah yang suhu tubuhnya di atas 37,5 derajat celcius tidak boleh masuk

Menteri Agama, Fachrul Razi saat di Masjid Al-akbar Surabaya, Kamis (13/2). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Fachrul menjelaskan adanya protokol yang tidak mengizinkan jemaah masuk apabila suhu di atas 37,5 derajat celcius agar orang tersebut tidak menularkan sakit kepada jemaah lainnya. Oleh karena itu, jemaah tersebut akan diminta untuk kembali ke rumah. 

"Ya kita sarankan Anda gak usah (masuk ke dalam masjid), karena Anda bisa menularkan (virus) ke orang lain gitu. Karena ke sini kan niatnya ibadah, kalau bisa menularkan ke orang lain kan ibadahnya sudah hilang. Saya kira semuanya sudah paham," tutur Fachrul. 

Baca Juga: Virus Corona: Apa Itu Virus? Ini Asal Muasal dan Cara Terbentuknya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya