TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Setahun Stafsus Millennials Jokowi, Pengamat: Tak Ada Gebrakan!

Apakah stafsus millennials perlu dibubarkan?

(Deretan staf khusus millennial Presiden Joko Widodo) Teatrika Putri/IDN Times

Jakarta, IDN Times - Setahun sudah staf khusus millennials Presiden Joko "Jokowi" Widodo menjabat, sejak diangkat pada November 2019. Namun selama satu tahun menjabat, belum juga terlihat hasil kinerja mereka. 

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin menilai tidak ada perkembangan signifikan yang diberikan anak-anak muda itu di lingkar Istana. Ia menganggap tidak ada gebrakan apa-apa dari mereka selama menjabat sebagai staf khusus millennial presiden.

"Tak ada gebrakan. Tak ada yang membanggakan. Banyak membebani Jokowi dan negara," kata Ujang saat dihubungi IDN Times, Jumat, 20 November 2020.

Baca Juga: Setahun Menjabat, Ini Deretan Kontroversi Stafsus Millennials Jokowi

1. Staf khusus millennial diminta dibubarkan

(Presiden Jokowi memperkenalkan Staf Khusus Presiden baru yang terdiri dari anak-anak muda berprestasi di halaman tengah Istana Merdeka Jakarta, Kamis (21/11/2019)) ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Menurut Ujang, keberadaan stafsus millennial dirasa tidak dibutuhkan. Bahkan, ia mendorong agar Presiden Jokowi membubarkan para staf khusus dari kalangan muda tersebut.

"Lebih baik dibubarkan untuk menghemat anggaran. Dari pada untuk menggaji stafsus millennial, lebih baik uangnya untuk bantu masyarakat miskin," tutur dia.

2. Jokowi diperkirakan tidak akan membubarkan staf khusus millennials, karena termasuk salah satu janjinya

Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers terkait COVID-19 di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (16/3/2020) (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Meskipun Ujang menilai tidak ada gebrakan dari para staf khusus, namun ia meyakini mereka tidak akan dibubarkan Jokowi. Sebab, itu sudah menjadi janji kampanye Jokowi yang akan mengakomodasi kalangan millennials.

"Walau tak ada gebrakan dan kinerjanya tak kelihatan dan memuaskan. Mereka para stafsus millennial tak akan dibubarkan. Karena itu sudah janji Jokowi dalam kampanye, ingin mengakomodir kalangan millennials di Istana," kata dia.

Baca Juga: Ini Daftar Jumlah Harta Kekayaan Para Stafsus Millennials Jokowi

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya