TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pemprov DKI Cari Investor Buat Lanjutkan Proyek LRT Jakarta

Targetnya dimulai pada 2023

ilustrasi LRT Jakarta (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Jakarta, IDN Times - Pemprov DKI Jakarta akan mengutamakan skema investasi untuk membiayai kelanjutan pembangunan proyek LRT Jakarta. Nantinya, skema akan dibentuk dalam kerja sama pemerintah daerah dengan badan usaha (KPDBU).

"Untuk lanjutan LRT, tentu kami akan mengedepankan skema investasi," kata Kepala Dinas Perhubungan Pemprov DKI Jakarta, Syafrin Liputo, kepada wartawan, Kamis (29/9/2022).

Baca Juga: Operasional LRT Jabodebek Molor ke 2023, Biaya Proyek Bakal Bengkak?

Baca Juga: Promo Kartu Merdeka, Naik LRT Sumsel Sebulan Hanya Rp30.000 

1. APBD tak mampu biayai LRT

IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Syafrin mengatakan, investor diperlukan lantaran pembiayaan LRT Jakarta tak bisa dicover melalui APBD. Proyek lanjutan LRT Jakarta akan dimulai pada 2023.

"Kan untuk mendorong pembangunan infrastruktur, kita juga harus menyesuaikan dengan kapasitas fiskal yang tersedia," terangnya.

2. Rute lanjutan LRT

IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Adapun, setelah stasiun LRT Pegangsaan Dua-Velodrome, rute LRT akan dilanjutkan dengan pembangunan fase 2A yakni Pegangsaan Dua-Jakarta International Stadium (JIS). Lalu, rute dilanjutkan JIS-Rajawali pada fase 3A.

Pada sisi selatan, pembangunan LRT dilanjutkan mulai dari Velodrome-Klender dalam fase 2B. Selanjutnya, diteruskan pada Klender-Halim pada fase 3B.

Rute lanjutan ini, telah tercantum dalam Peraturan Gubernur Nomor 31 Tahun 2022 tentang Rencana Detail Tata Ruang Wilayah Perencanaan Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya