TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

BMKG Peringatkan Multibencana Geo-Hidrometeorologi Meningkat, Apa itu?

Banjir dan longsor jadi bencana yang paling memberi dampak

IDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Jakarta, IDN Times - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengingatkan meningkatnya risiko kejadian multibencana geo-hidrometeorologi dalam rapat koordinasi pembangunan nasional (Rakorbangnas) pada Kamis (29/7/2021).

Menurut Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim BMKG Dodo Gunawan, multibencana geo-hidrometeorologi mengacu pada bencana yang disebabkan fenomena iklim dan cuaca. Misalnya curah hujan dan cuaca esktrem, serta bencana kebumian seperti gempa bumi dan tsunami.

"Sehingga kami gabung kebencanaan yang peringatan dininya disiapkan BMKG sebagai bencana geo-hidrometeorologi," ujar Dodo kepada IDN Times, Rabu (4/8/2021).

Baca Juga: Megawati Klaim Membuat BMKG, Apakah Benar? Ini Awal Mulanya

1. Banjir dan longsor jadi bencana yang paling memberi dampak

Banjir di kawasan Rawa Buaya, Jakarta Barat pada Selasa (22/9/2020) (IDN Times/Aryodamar)

Berdasarkan jenis bencana geo-hidrometeorologi yang dipaparkan, Dodo mengatakan banjir dan tanah longsor menjadi bencana yang paling memberi dampak.

"Bencana hidrometeorologi yang paling memberikan dampak negatif, seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang," kata Dodo.

2. Daerah dengan kerawanan bencana geo-hidrometeorologi

Ilustrasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Dodo menyebutkan terdapat beberapa daerah yang secara geografis rawan akan bencana geo-hidrometeorologi. Misalnya dataran tinggi rawan bencana longsor, dataran rawan banjir dan banjir bandang, kemudian daerah pesisir yang rawan banjir dan banjir rob.

"Daerah wilayah Indonesia, Nusa Tenggara Timur (NTT) serta daerah kering lainnya juga rawan kekeringan dan kelangkaan air. Daerah Kalimantan dan Sumatra seperti Riau, Jambi dan Sumatra Selatan rawan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla)," jelas Dodo.

Baca Juga: Jokowi Minta BMKG Prediksi Bencana Lebih Cepat dan Akurat

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya