TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Potret Pulau "Reklamasi" G, Mirip Tempat Pembuangan Sampah

Sama Gubernur Anies namanya diubah menjadi Pantai Bersama

Jakarta, IDN Times- Isu reklamasi kembali mencuat setelah Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menerbitkan izin mendirikan bangunan (IMB) di Pulau D atau disebutnya sebagai Pantai Maju. Menariknya, izin tersebut dikeluarkan dalam situasi sunyi senyap.  

Keputusan tersebut dianggap tidak sesuai dengan janji politik Anies kala berebut kursi DKI 1 kontra Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Dengan tegas, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu berjanji untuk menghentikan seluruh proyek reklamasi. 

Akibat manuver "nekat" Anies, nelayan Muara Angke mulai khawatir bila kegiatan pembangunan Pulau G dilanjutkan kembali secara diam-diam. Pasalnya, sekalipun aktivitas pembangunan dihentikan, kapal pengangkut pasir masih berjaga di seputar Pantai Bersama, nama yang diberikan Anies untuk Pulau G.

IDN Times mendatangi Pulau G untuk melihat secara langsung bagaimana kondisi pulau yang terbengkalai itu. Berikut 10 potret Pulau G.

1. Banyak sampah yang terbawa arus dan akhirnya terkumpul di pulau ini

2. Sekilas tampilannya seperti rawa-rawa. Di bagian tengah pulau terdapat cekungan yang menampung air

3. Salah satu sampah yang terseret ke Pulau G. Ada juga kursi dan perabotan rumah tangga lainnya

4. Jarak Pulau G sangat dekat dengan Muara Angke, kurang lebih sekitar 500 meter.

5. Ada dua bangunan di pulau ini. Saat IDN Times mendatangi pulau tersebut, tidak terlihat ada aktivitas pembangunan atau penjagaan.

6. Berdasarkan pengakuan nelayan setempat, sering kali ada petugas keamanan yang disewa oleh pengembang untuk mengusir siapa saja yang tiba di Pulau G

7. Suhu siang hari di Pulau G mencapai lebih dari 33 derajat celcius

8. Ada banyak kubangan air, ini merupakan salah satu kubangan yang paling besar

9. Selain Muara Angke, Pulau G juga dekat dengan kawasan Pluit. Gara-gara pulai ini, banyak biota laut yang enggan hidup di seputar Teluk Jakarta

Baca Juga: Anies: Penerbit PRK Reklamasi Cerdik, Ini Bikin Sebel!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya