TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pemprov Riau Akan Lakukan Rapid Test Corona untuk 1.000 Orang

Lokasi rapid test corona di balai diklat

Pemprov Riau gelar rapat penanganan pasien virus corona, Senin (23/3). (IDN Times/Virda Elisa)

Pekanbaru, IDN Times - Pemerintah Provinsi Riau telah menyiapkan sarana dan fasilitas kesehatan untuk menampung 1.000 pasien menjelang pelaksanaan rapid test virus corona (covid-19).

Gubernur Riau Syamsuar mengatakan, persiapan fasilitas tersebut dilaksanakan sesuai arahan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, sebagai upaya penanganan covid-19 di daerah.

"Kami di provinsi menyiapkan berbagai fasilitas yang telah diarahkan oleh bapak Menteri Dalam Negeri untuk kebutuhan-kebutuhan dalam penanganan covid-19," kata Syamsuar saat menggelar rapat bersama para kepala daerah di wilayah setempat melalui video conference, Senin (23/3).

Baca Juga: Pasien Positif COVID-19 Pertama di Riau Diisolasi, Begini Kondisinya

1. Lokasi rapid test corona di balai diklat

Pemprov Riau gelar rapat penanganan pasien virus corona, Senin (23/3). (IDN Times/Virda Elisa)

Sejumlah balai diklat dan aula pertemuan yang ada di Pekanbaru telah disiapkan sebagai sarana untuk mengantisipasi potensi melonjaknya Pasien Dalam Pengawasan (PDP) setelah pelaksanaan rapid test.

Sejumlah bangunan seperti Gedung Aula Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Riau dan Embarkasi Haji Antara Riau, juga telah telah ditinjau dalam rangka persiapan tersebut.

"Semalam (22/3) kami telah meninjau SPN dan balai diklat yang ada di Pekanbaru ini. Kami sudah persiapkan rencana pengadaan berapa sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Kita juga sudah diminta oleh pusat terkait gambaran berapa kebutuhan rapid test di Riau," tutur Syamsuar.

"Tentunya, kami juga berharap agar bupati dan wali kota dapat merancang rapid test untuk masing-masing daerahnya," tambah Syamsuar.

2. Usulkan 6.000 alkes ke pemerintah pusat

Ilustrasi (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Syamsuar mengatakan, pihaknya juga telah mengusulkan sebanyak 6.000 alat kesehatan (alkes) untuk kebutuhan penyelenggaraan rapid test corona di wilayah setempat.

"Tentunya ini (alkes) standar rumah sakit, tapi hanya untuk yang ringan-ringan. Kalau yang berat, kita siapkan ruang isolasi tersendiri," ujarnya.

Baca Juga: Maklumat COVID-19 Gubernur Riau: Sekolah Libur dan Doa Tolak Musibah

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya