TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Generasi Z Dinilai Bisa Tekan Buzzer Pemilu 2024

Generasi Z cenderung kritis dan verifikasi langsung berita

Ilustrasi Provokator (IDN Times/Mardya Shakti)

Jakarta, IDN Times - Akademisi dan Praktisi Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Nona Evita menilai jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang generasi z mampu menekan keberadaan buzzer yang kerap menyebar isu dan berita miring.

Sebagaimana diketahui, buzzer merupakan sekelompok orang yang kerap membuat gaduh dan berbagai isu jelang kontestasi politik.

"Buzzer itu mungkin nyambungnya ke disinformasi dan missinformasi ya," kata Nona dalam diskusi bertajuk Media Sosial Untuk Optimalisasi Tingkat Partisipasi Pemilih Millenial, di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta Pusat, Jumat (25/11/2022).

Baca Juga: 8 Hal yang Menahan Milenial untuk Resign, Bukan Cuma Faktor Gaji

Baca Juga: Milenial: Isu Lingkungan Jadi Anak Tiri dalam Agenda Politik 2024

1. Generasi Z cenderung kritis terhadap informasi

ilustrasi gen Z (IDN Times/Indonesia Gen Z Report 2022)

Nona mengatakan, Generasi Z cenderung kritis terhadap informasi yang beredar di publik. Berdasarkan riset, mereka memverifikasi langsung berbagai berita. Sehingga keberadaan berita hoaks yang disebarkan buzzer bisa ditekan sejak awal.

"Gen Z ini kan social nattive, bukan cuma digital nattive, ini menurut data Reuters. Di mana mereka paham betul bagaiman cara memverifikasi informasi-informasi yang salah. Jadi betul ini terjadi trennya di dunia," ucap dia.

Baca Juga: Survei: Mayoritas Publik Tak Setuju Pemilu Ditunda, Siap Pemilu 2024 

2. Gen Z mampu verifikasi kabar miring

ilustrasi jurnalis (IDN Times/Aditya Pratama)

Sebagai contoh, kata Nona, Gen Z memiliki kecenderungan memverifikasi langsung informasi yang ada di media sosial. Dengan demikian, kabar hoaks tak semakin menyebar dan jadi konsumsi publik yang membuat gaduh.

"Jadi mereka itu kesenjangan utamanya kan dari media sosial, tetapi juga gak langsung percaya gitu aja. Mereka langsung ke media mainstream dulu. Jadi itu kan pola verifikasi yang baik sebetulnya, sekaligus jadi solusi juga," ucap dia.

Baca Juga: Rapper Kanye West Calonkan Diri di Pilpres AS 2024

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya