TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

NasDem Usul Usia Minimal Capres 21 Tahun, Pengamat: Khawatir Labil

Capres usia muda dinilai belum mampu kontrol emosi

ilustrasi capres dan cawapres (IDN Times/Aditya Pratama)

Jakarta, IDN Times - Politikus Partai NasDem, Hillary Brigitta Lasut, mengusulkan agar syarat minimal usia calon presiden (capres) diturunkan menjadi 21 tahun. 

Terkait usulan tersebut, pengamat politik dari Citra Institute, Efriza khawatir, khawatir capres dengan usia 21 tahun masih belum bisa mengontrol emosi.

"Kalau membaca apa yang dimaksudkan oleh NasDem 21 tahun, saya melihat masih labil. Masih terlalu dini, walau dia punya pengalaman," ujar Efriza saat dihubungi IDN Times, Selasa (4/10/2022).

Baca Juga: Airlangga Komentari Langkah NasDem Umumkan Anies Jadi Capres 2024

Baca Juga: Pengakuan Anies: Dulu Mendadak Jadi Cagub, Sekarang Mendadak Capres

1. Belajar dari pengalaman staf muda Jokowi

Adamas Belva Syah Devara (Instagram/belvadevara)

Sebagai contoh, kata Efriza, dalam kasus staf khusus milenial Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Belva Devara tiba-tiba mengundurkan diri.

Menurut dia, itu salah satu bukti labilnya tokoh dengan usia muda bila masuk ranah politik dan pemerintahan.

"Kalau kita lihat realitasnya yang kemarin di staf presiden Jokowi, itu kan banyak anak-anak muda yang ditarik oleh presiden Jokowi menjadi staf. Mereka berprestasi tapi nyatanya malah mengundurkan diri," ujar dia.

"Kita sudah dicoba anak-anak muda ditaruh, mereka ternyata masih darah muda, masih panas, masih emosional dan itu sudah dibuktikan dengan mundurnya staf presiden," sambung Efriza.

Baca Juga: NasDem Usung Anies Jadi Capres 2024, Begini Respons Wagub DKI

2. Disarankan syarat minimal usia capres 30 tahun sesuai UU Kepemudaan

ilustrasi capres dan cawapres (IDN Times/Aditya Pratama)

Efriza lantas mengatakan, bila nantinya syarat minimal usia capres diturunkan untuk menyasar golongan muda, maka dia mengusulkan menjadi 30 tahun. Hal itu sesuai dengan Pasal 1 angka 1 Undang-Undang Kepemudaan.

"Kalau seandainya kita mau mengambil syarat capres usianya minimal 40 itu cukup bijak. walaupun semestinya standarnya kalau untuk anak muda, bisa jangan 21 tahun, tapi bisa jadi 30, karena sesuai dengan perda kepemudaan maupun UU kepemudaan kalau ingin melihat peran anak muda," tutur dia.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya