[BREAKING] Bupati Lampung Utara Kena OTT KPK

Diduga terkait proyek di Dinas PU atau Koperindag

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara dalam operasi tangkap tangan, OTT pada Minggu (6/10). Diduga, OTT ini terkait proyek di Dinas PU atau Koperindag di Kabupaten Lampung Utara. 

"KPK mengamankan total empat orang sejak sore hingga malam ini, yaitu bupati, dua kepala dinas, dan satu orang perantara," ujar juru bicara KPK Febri Diansyah dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Minggu.

OTT tersebut berawal dari informasi masyarakat. "Setelah lakukan pengecekan di lapangan, diduga ada penyerahan uang yang diperuntukkan pada kepala daerah setempat," ujarnya.

Hingga kini, KPK masih menghitung nilai barang bukti uang yang disita dalam OTT tersebut. Untuk pengamanan awal, tim KPK telah menyegal sejumlah benda dan lokasi penangkapan.

"Sebagaimana hukum acara yang berlaku, maka KPK akan memproses lebih lanjut pihak-pihak yang diamankan tersebut. Direncanakan pihak yang diperlukan akan dibawa besok ke Jakarta," kata Febri.

Status hukum perkara dan orang-orang yang diamankan dalam OTT ini akan ditentukan dalam waktu paling lama 24 jam. Informasi lebih lanjut tentang penanganan perkara ini akan disampaikan melalui konferensi pers di KPK, Senin (7/10).

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya