Ini Harapan Mendagri terhadap Jakarta di Usia yang ke-492

Sisa anggaran tidak terserap DKI Jakarta Rp2 triliun!

Jakarta, IDN Times - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo berharap perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-492 DKI Jakarta dapat menjadi momentum untuk perubahan lebih baik. Menurutnya ini adalah waktu yang tepat untuk mengevaluasi kinerja pemerintah provinsi atas capaian yang berhasil diraih.

“Tema HUT ke-492 DKI Jakarta, yaitu ‘Wajah Baru Jakarta’ harus dimaknai sebagai perubahan menuju ke arah yang lebih baik, serta momentum berharga bagi jajaran pengambil dan pelaksana kebijakan untuk melakukan introspeksi dan evaluasi atas capaian kinerja yang telah diraih,” kata Tjahjo di Jakarta dilansir dari Antaranews, Sabtu (22/6).

1. Tata kelola Pemprov DKI diharapkan lebih baik sehingga berkontribusi lebih terhadap masyarakat

Ini Harapan Mendagri terhadap Jakarta di Usia yang ke-492IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Tjahjo berharap tata kelola Pemerintah Provinsi DKI Jakarta semakin baik saat menginjak usia ke-492. Tjahjo berharap program kerja dan kegiatan Pemprov DKI Jakarta dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

“Lebih baik memberikan layanan kepada masyarakat karena warga DKI tidak hanya yang ber-KTP DKI saja, tapi juga seluruh masyarakat Indonesia, juga dari mancanegara juga mempunyai hak untuk beraktivitas di Jakarta,” ujar Tjahjo usai menghadiri rapat paripurna istimewa DPRD DKI Jakarta dalam rangka HUT ke-492 DKI Jakarta, di gedung DPRD DKI Jakarta.

2. Tjahjo berharap kinerja Pemprov DKI dapat memenuhi target ekonomi makro

Ini Harapan Mendagri terhadap Jakarta di Usia yang ke-492IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Lebih spesifik, ia menyebut soal harapan pencapaian target makro yang menjadi tanggung jawab pemprov.

“Saya berharap agar program dan kegiatan Provinsi DKI Jakarta Tahun 2019 yang sedang berjalan mampu memberikan kontribusi positif bagi kemajuan Jakarta sehingga dapat terwujud kota yang maju dan bahagia warganya,” tambahnya.

Baca Juga: Selamat HUT Jakarta! Ini 9 Pakaian Adat Betawi yang Perlu Kamu Tahu

2. Pemprov DKI diharapkan menyelesaikan persoalan target anggaran yang belum tercapai

Ini Harapan Mendagri terhadap Jakarta di Usia yang ke-492IDN Times/Irfan Fathurohman

Dalam momentum perayaan hari jadi Kota Jakarta ini, Mendagri juga mengingatkan beberapa persoalan yang belum diselesaikan Pemda dan DPRD DKI Jakarta terkait pencapaian anggaran.

“Angka-angka yang belum mencapai target perlu dibahas bersama para pemangku kepentingan di Provinsi DKI Jakarta agar diperoleh mufakat bersama dalam upaya penyelesaian masalah pembangunan di segala sektor,” katanya.

Penggunaan anggaran juga diharapkan selaras dengan kebutuhan dan kegiatan yang berorientasi produktif, serta memiliki manfaat untuk meningkatkan kualitas masyarakat, pelayanan publik dan pertumbuhan ekonomi daerah.

4. Pemprov DKI diminta berhati-hati menyusun anggaran

Ini Harapan Mendagri terhadap Jakarta di Usia yang ke-492IDN Times/Irfan Fathurohman

Tjahjo juga meminta Pemerintah Provinsi DKI mencermati dengan hati-hati soal penyusunan program tahunan anggaran 2020. “Hati-hati dengan area rawan korupsi khususnya yang mencakup perencanaan anggaran, dana hibah dan dana pansos,” ujar dia.

Tidak hanya itu, perencanaan penganggaran dan pemastian program, menurut Tjahjo, harus menjadi kata kunci karena DKI menjadi salah satu provinsi yang memiliki Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (Silpa) 2018 cukup tinggi.

“Silpa-nya di atas Rp2 triliun, ‘kan sayang itu,” kata Tjahjo.

Tjahjo meyakini dengan perencanaan penganggaran yang matang dan memastikan program berjalan dengan fungsi pengawasan DPRD, DKI akan mampu memaksimalkan tahun anggaran 2020.

“Khususnya diawali di penyerapan anggaran di 2019 ini,” ujar dia.

Baca Juga: Yuk, Coba Skuter Listrik Gratis di Perayaan HUT DKI Jakarta

5. Satuan kemanan DKI Jakarta sudah menjaga stabilitas daerah

Ini Harapan Mendagri terhadap Jakarta di Usia yang ke-492IDN Times/Irfan Fathurohman

Tjahjo juga mengapresi kepada satuan keamanan DKI Jakarta, yang dia nilai telah mampu menjaga stabilitas daerah.

“Kepada Kodam, kepada TNI, Satpol PP yang mampu menjaga ketertiban dan keamanan stabilitas daerah,” kata dia.

Baca Juga: Puncak Perayaan HUT ke-492 Jakarta Digelar di Bundaran HI Malam Ini

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya