Terungkap, Ini Pesan Singkat Terakhir Emiliano Sala Sebelum Hilang

Kemungkinan selamat sangat kecil

Kabar duka menyelimuti dunia sepak bola sepekan terakhir dengan hilangnya Emiliano Sala, gelandang serang yang baru saja akan bergabung dengan Cardiff City dari Nantes. Pesawat yang ditumpangi Sala, Piper Malibu, dilaporkan hilang dari radar dekat Pulau Channel, Inggris, sejak Senin (21/1) malam. Hingga kini, keberadaan pesawat yang ditumpangi striker berpaspor Argentina itu pun belum ditemukan. Pencarian pesawat yang ditumpangi Sala dihentikan sejak Kamis (24/1) lalu.

Agen pemain Willie McKay mengakui bahwa ia mengatur penerbangan Emiliano Sala. Tapi, ia menyatakan tidak terlibat dalam pemilihan pesawat atau pilot. Dia pun mengungkapkan isi pesan singkat dengan Sala untuk membahas pengaturan penerbangan.

"Kami tidak terlibat dalam pemilihan pesawat atau pilot dan kami juga ingin menegaskan bahwa pesawat yang ditumpangi Emilio bukan milik kami," kata McKay.

1. McKay mengungkapkan rencana penerbangan Sala

Terungkap, Ini Pesan Singkat Terakhir Emiliano Sala Sebelum HilangInstagram/@emilianosala9

Kepada pihak sahabat dan keluarga Sala, McKay mengatakan bahwa ia sudah menjumpai mereka dan mencoba memberi penjelasan bagaimana cerita tentang rencana penerbangan pemain tersebut.

Mark, salah satu putra McKay, adalah agen yang menangani kepindahan Sala dari Nantes ke Cardiff dengan kontrak yang merupakan rekor tertinggi bagi klub Inggris itu, yaitu 15 juta poundsterling. Dalam pembicaraan melalui pesan singkat yang dikirim ke BBC oleh Jack, anak McKay yang lain yang juga pemain Cardiff, juga diungkapkan tawaran untuk mengatur penerbangan secara gratis untuk Sala.

Menurut McKay, baik Mark maupun Jack pernah membahas masalah kesulitan terbang ke Nantes dengan pesawat komersial. Penerbangan itu diatur agar bisa kembali ke Nantes untuk mengambil barang-barang dan sekaligus menyampaikan perpisahan dengan mantan rekan-rekannya sesama pemain Nantes yang berkompetisi di Liga 1 Perancis tersebut.

2. Inilah isi percakapan terakhir Sala dengan Jack McKay yang membahas seputar rencana penerbangannya

Terungkap, Ini Pesan Singkat Terakhir Emiliano Sala Sebelum HilangInstagram/@emilianosala9

Berikut adalah percakapan melalui pesan singkat antara Jack McKay dan Sala yang telah diterjemahkan dari bahasa Perancis:

Jumat, 18 Januari:
7:43pm - Jack McKay:"Ayah saya mengatakan bahwa Anda akan kembali besok. Ia bisa mengatur pesawat yang akan membawa langsung ke Nantes dan kembali Senin, itu adalah waktu yang cocok untuk Anda, jadi Anda bisa ikut latihan Selasa."
7:51pm-Emiliano Sala: "Ah, bagus itu. Saya sedang mencari jika ada penerbangan ke Nantes besok."
7:56pm-McKay: "Dia bilang dia bisa mencarikan pesawat yang terbang langsung ke Nantes."
7:56pm- Sala: "Berapa biayanya?"
7:56pm-McKay: "Gratis. Jika Anda bisa membantu saya mencetak gol, gratis."
7:59pm-Sala: "Hahaha dengan senang hati."
8:00pm- Sala: "Kita akan mencetak banyak gol."
8:01pm - Sala: "Saya ingin ke Nantes besok sekitar pukul 11 pagi dan kembali Senin malam sekitar pukul 9 malam ke Cardiff, jika memungkinan."
8:05pm -McKay:"Bagus. Saya akan kirim pesan bila sudah tersedia."

Minggu, 20 Januari
5:00pm - McKay: "Hi apakah memungkinkan jika Anda kembali pukul tujuh Senin malam? Karena pilotnya harus pulang ke utara setelah ia sampai di Cardiff."
5:01pm - Sala:"Hi, pukul setengah delapan mungkin bisa."
5:03pm - McKay:"Ya, bagus."
5:05pm -Sala: "[gambar bagasi] Tolong tanya jika saya boleh membawa barang ini ke atas pesawat?"
5:06pm -McKay: "Bagus, yeah."
5:07pm - Sala:"Tapi apakah OK dibawa naik pesawat?"
McKay: "Ya ada tempat di pesawat untuk bagasi Anda."
5:12pm - Sala: "OK."

Senin, 21 Januari
4:16pm - McKay: "Saya akan hubungi beberapa saat lagi."
4.23pm -McKay: "Katanya perusahaan yang sama."
4.27pm - Sala:"OK terima kasih."

3. Penerbangan tersebut diketahui LO Cardiff

Terungkap, Ini Pesan Singkat Terakhir Emiliano Sala Sebelum HilangInstagram/@emilianosala9

Menurutnya, seorang petugas penghubung (liaison official/LO) pemain Cardiff bernama David Henderson juga sudah mengetahui tentang rencana penerbangan yang dibuat.

"Sehubungan dengan pesanan penerbangan, kami telah menghubungi Mr David Henderson, yang telah menerbangkan kami dan banyak pemain kami ke seluruh penjuru Eropa dan dalam banyak kesempatan," McKay.

4. Sala merasa takut sebelum terbang

Terungkap, Ini Pesan Singkat Terakhir Emiliano Sala Sebelum HilangInstagram/@emilianosala9

Sala sempat memberi tahu kepada teman-temannya bahwa dirinya ketakutan untuk terbang dengan pesawat Piper Malibu. Dilansir dari Get French Football News (GFFN), ia memberi tahu kepada mantan rekan setimnya, Nicolas Pallois, bahwa ia merasa ketakutan saat menuju bandara.

5. Investigasi tengah berjalan untuk mengungkap apa yang sebenarnya terjadi seputar penerbangan Sala

Terungkap, Ini Pesan Singkat Terakhir Emiliano Sala Sebelum HilangInstagram/@emilianosala9

Komisi Penyidik Insiden Penerbangan telah memulai investigasi yang mempelajari segala aspek operasional, termasuk lisensi dan rencana penerbangan. Demikian juga dengan Otoritas Penerbangan Sipil yang juga akan memeriksa apakah pilot berwenang untuk menerbangkan pesawat pribadi atau komersial.

Sebuah sumber dari pihak otoritas menyatakan, "Masalah apakah penerbangan itu dilakukan oleh penerbangan komersial dan apakah pilot sudah mempunyai kualifikasi untuk itu, akan disampaikan oleh penyidik."

"Tapi prioritas kami sekarang adalah bagaimana menemukan pesawat dan apa yang terjadi dengan penumpang di dalamnya."

6. Cardif juga melakukan investigasi internal

Terungkap, Ini Pesan Singkat Terakhir Emiliano Sala Sebelum HilangInstagram/@emilianosala9

Pihak klub Cardiff juga sudah memulai penyelidikan internal untuk mencoba mengetahui segala sesuatu yang berhubungan dengan rencana penerbangan yang diambil oleh Sala.

Tapi sebuah sumber senior di klub tersebut membantah laporan bahwa mereka sedang mempertimbangkan untuk mengajukan tuntutan bernilai jutaan poundsterling atas keteledoran yang menyebabkan kecelakaan.

Pihak klub juga sudah menegaskan bahwa mereka tidak memiliki pesawat jet pribadi yang bisa digunakan oleh pemain, sehingga mereka tidak bisa mengatur perjalanan Sala ke dan dari Nantes.

 

7. Presiden Argentina turut berkomentar

Terungkap, Ini Pesan Singkat Terakhir Emiliano Sala Sebelum HilangInstagram/@mauriciomacri

Presiden Argentina Mauricio Macri memberikan perhatian atas kejadian yang menimpa Sala. Ia bergabung dengan pihak keluarga serta sahabat pemain itu yang meminta agar proses pencarian dilanjutkan.

Para pemain Cardiff City juga direncanakan bakal mengenakan pita berwarna kuning saat menghadapi Arsenal dalam lanjutan kompetisi Liga Inggris, Selasa mendatang sebagai penghormatan kepada Sala.

8. Alasan pencarian dihentikan

Terungkap, Ini Pesan Singkat Terakhir Emiliano Sala Sebelum HilangInstagram/@emilianosala9

Proses pencarian pesawat yang dipiloti oleh David Ibbotson itu diwarnai cuaca ekstrem. Karena tak berbuah hasil hingga Kamis (24/1) malam waktu Indonesia, pencarian pun akhirnya dihentikan. Kepolisian Guernsey mengonfirmasi bahwa pencarian ini telah secara resmi dihentikan.

Berdasarkan rilis resmi Kepolisian Guernsey, salah satu faktor utama penghentian itu ialah pihak tim penyelamat berasumsi mereka sudah mencari di semua area yang memungkinkan. Seiring belum ada tanda-tanda pesawat ditemukan, mereka pesimistis ada kemungkinan orang yang selamat jika memang pesawat itu jatuh ke darat.

Berikut rilis resmi dari Harbour Master, Kapten David Barker, yang menjadi ketua tim pencarian,"Tim saya sudah menganalisis proses pencarian dari sejak pesawat dinyatakan hilang pada Senin malam lalu. Terlepas dari semua upaya yang dilakukan pemerintah Inggris, Prancis, juga regu penyelamat, serta luas wilayah yang sudah kami jelajahi untuk melakukan pencarian, sampai detik ini kami masih tidak mampu menemukan jejak pesawat yang hilang, atau pun jejak dari pilot dan penumpang pesawat. Kami menganalisis semua informasi yang diberikan, juga menimbang semua hal yang sudah terjadi sejauh ini, dengan sangat terpaksa kami harus mengambil keputusan. Karena pesawat sudah hilang cukup lama, juga mengingat kondisi perairan yang tidak bersahabat saat ini, peluang ada korban selamat dari tragedi ini sangat amat kecil. Dnegan ini, kami nyatakan proses pencarian pesawat resmi dihentikan," tulis rilis resmi Kepolisian Guernsey yang disampaikan lewat David Barker.

 

9. Kecil kemungkinan Sala selamat

Terungkap, Ini Pesan Singkat Terakhir Emiliano Sala Sebelum Hilangtwitter.com/BBCSport

Saat proses pencarian masih berlangsung, Kepolisian Guernsey mengeluarkan pernyataan resmi yang mengatakan, peluang untuk selamat dari kecelakaan itu "kecil" ketika regu pencarian masih berupaya melakukan pencarian. Penyerang baru Cardiff City tersebut juga dikhawatirkan tidak selamat karena jika pesawat jatuh ke laut, temperatur air sedang sangat dingin, sementara kondisi pesawat juga rentang hancur jika menghantam lautan.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya