Mantan Wagub Sumbar Ditunjuk Sebagai Duta Vaksin Lansia  

Sumbar menarget 75 ribu lansia ikut vaksinasi

Padang, IDN Times - Mantan Wakil Gubernur Sumatra Barat (Sumbar), Nasrul Abit, menerima vaksinasi dosis pertama di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. M Djamil Padang, Selasa (23/3/2021). Nasrul Abit yang hadir bersama istrinya Wartawati, diminta menjadi bagian dari kampanye program vaksinasi massal melalui Duta Vaksin Lansia.

“Saya baru saja terima vaksinasi pertama hari ini. Insya Allah 20 april mendatang saya vaksin kedua. Alhamdulillah, pada saat disuntik vaksin tidak ada kendala apa-apa. Tidak ada perubahan apa-apa,” kata Nasrul, Selasa (23/3/2021).

1. Ajak masyarakat ikut vaksinasi

Mantan Wagub Sumbar Ditunjuk Sebagai Duta Vaksin Lansia  Nasrul Abit saat di suntik vaksin. IDN Times/Andri NH

Nasrul Abit mengimbau sekaligus mengajak semua lapisan masyarakat di Sumbar ikut serta menyukseskan program vaksinasi. Tujuannya tak lain sebagai upaya menekan angka penularan COVID-19 di Ranah Minang. Selain penerapan protokol kesehatan, vaksinasi merupakan ikhtiar untuk melawan pandemik.

“Vaksin ini Insya Allah aman. Tadi saya dapat informasi katanya vaksinasi di Padang dan Sumbar secara umum masih jauh dari target. Maka dari itu, mari sama-sama kita datang ke tempat pelayanan kesehatan. Mari bersama-sama sukseskan progam vaksinasi ini,” ajaknya.

Baca Juga: MUI Palembang Minta Pemerintah Tak Distribusikan AstraZeneca

2. Vaksinasi sebagai ikhtiar melawan COVID-19

Mantan Wagub Sumbar Ditunjuk Sebagai Duta Vaksin Lansia  Ilustrasi. Pengoperasian laboratorium PCR COVID-19. (ANTARA FOTO/Makna Zaezar)

Nasrul Abit mengaku belum pernah terinfeksi COVID-19. Ia dikenal sebagai tokoh Sumbar yang sering mengampanyekan hidup sehat di tengah pandemik. Menurutnya, kunci terhindar COVID-19 adalah menjaga kesehatan tubuh dan menerapkan protokol kesehatan. 

“Vaksin ini bentuk ikhtiar kita. Satu lagi, jangan abai protokol kesehatan. Mari kita sukseskan program vaksinasi,” pintanya lagi.

3. Target vaksinasi 75 ribu lansia

Mantan Wagub Sumbar Ditunjuk Sebagai Duta Vaksin Lansia  Ilustrasi vaksinasi COVID-19 bagi lansia. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

Ketua Komisariat Daerah Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) Sumbar, Raveinal menyebutkan, pihaknya menargetkan 75 ribu lansia di Padang menjalani vaksinasi. Namun hingga kini, baru sekitar 3 ribuan yang sudah menerima suntikan dosis pertama. Raveinal berharap Nasrul Abit sebagai Duta Vaksin Lansia mendongkrak target vaksinasi.

“Sebetulnya ,vaksin untuk lansia di beberapa hari terakhir sudah dijalankan. Kita apresiasi beliau mau Duta Vaksin COVID-19 untuk lansia,” tutup Raveinal.

Baca Juga: Sah! Disdik Jadwalkan Belajar Tatap Muka di Palembang Mulai Juli 2021

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya