Wagub Sumbar Turun ke Jalan, 1 Bus dari Jakarta Disuruh Putar Arah 

Demi memutus mata rantai covid-19

Padang, IDN Times - Ada yang berbeda saat pemeriksaan di pintu masuk di Kabupatan Dharmasraya, Rabu (29/4). Wakil Gubernur Sumatera Barat (Wagub Sumbar), Nasrul Abit, turun langsung ke lapangan memantau pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan larangan mudik.

Perusahaan Otobus (PO) milik Antar Lintas Sumatera atau ALS yang membawa puluhan penumpang dari arah Jakarta, terpaksa harus balik arah karena dihadang oleh Wagub Nasrul. Mau tak mau, bus itu pun langsung memutar. 

"Kita menerapkan PSBB ini tidak main-main, kita harus tegas. Ini upaya kita memutus rantai penyebaran COVID-19," kata Nasrul tampak geram.

Baca Juga: Persentase Kasus Kematian COVID-19 di Sumbar Lampaui Angka Nasional

1. Wagub sebut tindakannya sudah sesuai aturaan

Wagub Sumbar Turun ke Jalan, 1 Bus dari Jakarta Disuruh Putar Arah Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit saat menginstruksikan bus ALS balik kanan. IDN Times/Andri NH

Menurut Nasrul Abit, selain berkaitan dengan PSBB, tindakannya itu didukung terkait larangan mudik oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Ia menjelaskan, instruksi sudah tegas untuk menolak seluruh armada angkutan umum yang membawa banyak penumpang.

"Sudah sesuai dengan aturan Permenhub 25 tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri tahun 1441 Hijriah, dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19," sebutnya.

 

2. Bus ALS dan Medan Jaya sudah beberapa kali melintas

Wagub Sumbar Turun ke Jalan, 1 Bus dari Jakarta Disuruh Putar Arah BUS ALS saat diinstruksikan balik kanan di pintu masuk Kabupaten Dharmasraya. IDN Times/Andri NH

Nasrul Abit menegaskan, pihaknya tidak akan main-main soal penerapan PSBB, apalagi masa sosialisasi sudah usai. Ia mendorong tindakan tegas dan konsisten dari aparat. Apabila itu tidak dijalani, ia memastikan akan sulit untuk memutuskan rantai penyebaran COVID-19.

“ALS ini sudah beberapa kali lewat. Juga Medan Jaya. Saya tadi sudah telepon kepala Dinas Perhubungan Provinsi. Kita sudah buat surat untuk Medan Jaya dan ALS, tidak boleh lagi lewat ke Sumbar,” katanya.

3. Wagub minta semua pihak disiplin

Wagub Sumbar Turun ke Jalan, 1 Bus dari Jakarta Disuruh Putar Arah BUS ALS saat diinstruksikan balik kanan di pintu masuk Kabupaten Dharmasraya. IDN Times/Andri NH

Nasrul Abit meminta kepada seluruh masyarakat agar disiplin, dan bisa mengikuti instruksi yang dikeluarkan oleh pemerintah, mulai dari pusat maupun daerah.

"Protokol kesehatan benar-benar harus dijalankan sebagaimana mestinya, agar penyebaran COVID-19 dapat ditekan. Kita ingin Sumatera Barat bebas dari ancaman pandemik," pintanya.

Baca Juga: Kota Padang Catat Kasus Terbanyak Positif Virus Corona di Sumbar

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya