Direncanakan Sebagai Ibu Kota, Mari Mengenal Palangkaraya

Tak kenal, maka tak sayang..

Palangkaraya merupakan ibu kota dari provinsi Kalimantan Tengah. Nama kota ini belakangan sering disebut karena diwacanakan untuk menjadi ibu kota menggantikan Jakarta. Rencana ini sebenarnya sudah ada sejak zaman Presiden Soekarno. Hal itu, menurut Bung Karno, sudah tertuang dalam master plan yang ia buat sendiri pada masa kemerdekaan. Ada pepatah yang mengatakan tak kenal maka tak sayang. Ada baiknya kita membaca terlebih dahulu fakta-fakta mengenai kota Palangkaraya berikut ini:

Memiliki 3,6 kali luas kota Jakarta.

Direncanakan Sebagai Ibu Kota, Mari Mengenal Palangkarayabreakingnews.co.id

Palangkaraya adalah sebuah kota sekaligus ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah. Kota ini memiliki luas wilayah 2.400 km² dan berpenduduk sebanyak 376.647 jiwa dengan kepadatan penduduk rata-rata 92.067 jiwa tiap km² (Sensus 2015).

Jika dibandingkan, Palangkaraya memiliki luas 3,6 kali luas Jakarta. Dari luas wilayah Palangkaraya yang mencapai 2.400 km persegi, hanya 50 km persegi yang saat terpakai. Jadi, masih banyak lahan kosong.
 

Potensi wisata alam yang belum banyak digali.

Direncanakan Sebagai Ibu Kota, Mari Mengenal Palangkarayaiyakan.com

Palangkaraya adalah sebuah kota yang masih terbilang alami, setidaknya jika dibandingkan dengan Jakarta. Wilayah ini secara geografis didominasi oleh hutan dan danau, sekitar 75 persen. Termasuk di antaranya hutan lindung, konservasi alam, hingga Hutan Lindung Tangkiling. Sektor lain seperti perkebunan, pertanian, perikanan, peternakan, hingga industri juga masih dapat dimaksimalkan oleh pemerintah pusat. 

Begitu pun dari sektor pariwisata. Masih banyak yang belum tahu keindahan alam yang ditawarkan oleh kota ini. Palangka Raya menawarkan berbagai destinasi wisata seperti sungai Kayahan, di mana para wisatawan nantinya dapat melihat landmark Palangkaraya, jembatan Kayahan. Ada juga Tugu Sukarno, yang merupakan tempat beliau meresmikan tiang pertama pembangunan Kota Palangkaraya. Dengan wilayah yang terbilang sangat luas, masih perlu banyak dilakukan pembangunan untuk menggali potensi secara lebih mendalam.
 

Salsah satu penghasil karet dan kelapa sawit terbesar di Indonesia.

Direncanakan Sebagai Ibu Kota, Mari Mengenal Palangkarayaagricoputra.com

Terkenal dengan sumber daya alam yang melimpah ruah, Palangkaraya terkenal sebagai penghasil karet dan kelapa sawit terbesar di Indonesia. Mantap sekali apabila hasilnya dapat dimaksimalkan untuk menambah penghasilan di negara kita. Mudah-mudahan hasilnya dapat dipakai secara baik dan efektif, bukan hanya untuk kepentingan orang-orang tertentu saja ya.

Kuliner khas ikan air tawar.

Direncanakan Sebagai Ibu Kota, Mari Mengenal Palangkarayaalodokter.com

Kuliner yang ada di kota Palangkaraya sangat dipengaruhi oleh keadaan alamnya yang berupa sungai dan hutan. Bahan makanan pokok masyarakat di Kota Palangkaraya pun terlihat begitu alamiah. Masakan yang disajikan kebanyakan adalah ikan air tawar seperti Tanak Lauk, Juhu Singkah, Panggang Lauk dan lain-lain.

Angelin Irena Photo Writer Angelin Irena

I love writing to keep my thoughts in the world. Thankyou for reading my articles. IG: @angelinirena. E-mail: angelinirena@yahoo.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya