17 Dentuman Meriam Howitzer Tandai Detik-detik Proklamasi di Jatim

Teks proklamasi dibaca oleh kakak Cak Imin

Surabaya, IDN Times - Upacara kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 73 Tahun digelar di Gedung Grahadi Jawa Timur (Jatim). Peringatan kali ini mengingatkan persis seperti pada tahun 1945 silam. Pasalnya, hari kemerdekaan jatuh tepat pada hari Jumat (17/8). Upacara detik-detik pembacaan naskah proklamasi dimulai pukul 10.00 WIB sebelum ibadah Salat Jumat.

1. Mengambil tema Kerja Kita Prestasi Bangsa

17 Dentuman Meriam Howitzer Tandai Detik-detik Proklamasi di JatimIDN Times/Ardiansyah Fajar

Upacara kemerdekaan RI ke 73 tahun ini mengangkat tema 'Kerja Kita Prestasi Bangsa'. Tema tersebut bermakna bahwa kerja dan energi adalah suatu kesatuan yang saling melengkapi. Selain itu, memiliki arti suatu kemajuan sekaligus melambangkan semangat optimisme untuk menjadi tuan rumah yang baik bagi dunia.

Baca Juga: Anak Kelas 1 SD Ini Menghafal Teks Pancasila & Proklamasi dengan Mudah

2 . Diawali dengan 17 dentuman meriam saat detik-detik proklamasi

17 Dentuman Meriam Howitzer Tandai Detik-detik Proklamasi di JatimIDN Times/Ardiansyah Fajar

Pada upacara kali ini, saat detik-detik proklamasi diawali dengan 17 kali dentuman keras. Suara tersebut berasal dari Meriam Howitzer yang dinyalakan pasukan khusus marinir pimpinan Letnan Kolonel Marinir Yana Karyana. Tak hanya itu, juga ada suara sirine dari PMK Surabaya yang mengiringi detik-detik proklamasi.

3. Naskah proklamasi dibacakan Abdul Halim Iskandar, Soekarwo menjadi inspektur upacara

17 Dentuman Meriam Howitzer Tandai Detik-detik Proklamasi di JatimIDN Times/Ardiansyah Fajar

Sementara untuk pembaca teks proklamasi alias proklamator yakni Ketua DPRD Jatim, Abdul Halim Iskandar yang juga kakak kandung Muhaimin Iskandar (Cak Imin). Sedangkan Gubernur Jatim Soekarwo kali ini bertindak sebagai inspektur upacara. Upacara juga melibatkan sebanyak seribu siswa SMA perwakilan se-Jatim.

Baca Juga: Yuk Hafalkan Teks Proklamasi! Kamu Bisa Dapat Pertalite Gratis di Tanggal 17 Agustus Nanti

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya