Gus-Gus Muda Se-Jatim Solid Dukung Gus Ipul-Puti

Dukungan atas anjuran para kiai

Surabaya, IDN Times - Jaringan Gus-Gus muda se-Jawa Timur yang tergabung dalam Gawagis menguatkan dukungannya untuk pasangan Calon Gubernur Saifullah Yusuf dan Cawagub Puti Guntur Soekarno (Gus Ipul-Puti) pada Pilkada Jatim 2018.

Kelompok pengasuh pondok pesantren dan putra dari para kiai itu menyampaikan dukungannya di Surabaya, Minggu (3/6).

1. Dukungan atas anjuran para kiai

Gus-Gus Muda Se-Jatim Solid Dukung Gus Ipul-PutiIDN Times/Ardiansyah Fajar

Gus Maksum Faqih dari Pondok Langitan Tuban mengatakan, Ramadan ini semakin memantapkan tekad para gus untuk berjuang memenangkan Gus Ipul-Puti. Mendukung Gus Ipul harus diniati ibadah untuk memilih pemimpin yang lebih baik serta mengikuti ijtihad para kiai sepuh.

“Para kiai sepuh sudah menyatakan arahannya. Beliau Beliau itu kiai yang tidak perlu diragukan lagi keilmuan dan kealimannya, maka kita menurut saya dengan arahan para kiai sepuh. Jumhur ulama di Jatim telah menyatakan untuk mendukung Gus Ipul. Insya Allah kita dapat pahala jika meniatkan diri nyoblos Gus Ipul ini sebagai bagian dari menuruti perintah kiai,” kata Gus Maksum.

2. Adanya perbedaan dukungan dianggap hal wajar

Gus-Gus Muda Se-Jatim Solid Dukung Gus Ipul-PutiIDN Times/Ardiansyah Fajar

Meski telah mendapat dukungan dari para kiai sepuh, dia tidak akan menghakimi warga yang enggan mendukung Gus Ipul. Adanya perbedaan dianggap sebagai hal yang wajar. Maksum juga menegaskan memilih di Pilkada bukanlah haram atau halal. Makanya, ia tak setuju ada kubu yang menyatakan demikian.

"Kami sebagai santri-santri. Kami sebagai putra-putri kiai, kita harus tawadu dan takdim kepada para kiai. Dengan begitu suara kita menjadi suara yang berkah," kata Gus Maksum.

3. Puti janji akan mengemban amanah dukungan dari para gus muda

Gus-Gus Muda Se-Jatim Solid Dukung Gus Ipul-PutiIDN Times/Ardiansyah Fajar

Sementara, Cawagub Puti mengaku bersyukur mendapat dukungan dari para kiai dan gus-gus. Bagi dia, amanah dari kiai akan dijaga sungguh-sungguh bersama Gus Ipul dengan mewujudkan kebijakan yang bermanfaat bagi umat, mulai sektor sosial, keagamaan, pendidikan, kesehatan, hingga ekonomi.

"Kami berharap pada 27 Juni, semua pendukung tidak berdiam diri di rumah. Tapi datang ke TPS untuk mencoblos dan memberi dukungan,” kata Puti.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya